PERAN PERSONALISASI KOGNITIF WORD OF MOUSE POSITIF DAN NEGATIF PADA ONLINE REVIEW TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN LAPTOP

Sangkop, Ferdinan Ivan (2009) PERAN PERSONALISASI KOGNITIF WORD OF MOUSE POSITIF DAN NEGATIF PADA ONLINE REVIEW TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN LAPTOP. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF07.043.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF07.043.pdf

Download (362kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF07.043.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3MTF07.043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF07.043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF07.043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF07.043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Word of mouth memiliki peranan besar dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, dengan kehadiran internet telah memperluas pilihan konsumen dalam mengumpulkan informasi produk yang tidak memihak dari konsumen lain dan menyediakan kesempatan bagi konsumen untuk menawarkan saran terkait penggunaan produk melalui komunikasi berbasis teks seperti email, forum diskusi, jaringan chat, dan ulasan konsumen yang lebih dikenal dengan word of mouse (WOMo). Penelitian ini mengembangkan forum diskusi online dengan menerapkan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer dalam desain visual web berkaitan dengan pembahasan informasi seputar laptop. Eksperimen dilakukan terhadap desain dan isi suatu forum internet berdasarkan pada jenis isi informasi word of mouse yang ditampilkan yaitu word of mouse positif dan negatif. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor tingkat personalisasi kognitif yang terdiri dari intensitas afeksi dan isi dari ulasan terhadap keinginan pembelian konsumen akan laptop, serta mengidentifikasi pengaruh word of mouse positif dan word of mouse negatif terhadap keinginan pembelian konsumen akan laptop. Berdasarkan hasil uji regresi maka diketahui bahwa tingkat personalisasi kognitif yang lebih tinggi akan mengarah pada keinginan pembelian yang lebih besar serta personalisasi kognitif memiliki dampak yang lebih besar terhadap keinginan pembelian pada review positif. Penggunaan forum internet untuk menampilkan ulasan online mendukung terjalinnya komunikasi baik antar sesama konsumen maupun konsumen dengan perusahaan sehingga perusahaan dapat memantau persepsi konsumen akan produknya. Pembentukan komunitas dapat digunakan untuk membentuk suatu jaringan pemasaran yang kuat

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Word of Mouse, Personalisasi Kognitif, Keinginan Pembelian
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:05
Last Modified: 26 Jan 2018 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item