Sangkop, Ferdinan Ivan (2009) PERAN PERSONALISASI KOGNITIF WORD OF MOUSE POSITIF DAN NEGATIF PADA ONLINE REVIEW TERHADAP KEINGINAN PEMBELIAN LAPTOP. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MTF07.043.pdf Download (344kB) |
|
Text (Bab I)
1MTF07.043.pdf Download (362kB) |
|
Text (Bab II)
2MTF07.043.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
3MTF07.043.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
|
Text (Bab IV)
4MTF07.043.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text (Bab V)
5MTF07.043.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
Text (Bab VI)
6MTF07.043.pdf Download (1MB) |
Abstract
Word of mouth memiliki peranan besar dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen, dengan kehadiran internet telah memperluas pilihan konsumen dalam mengumpulkan informasi produk yang tidak memihak dari konsumen lain dan menyediakan kesempatan bagi konsumen untuk menawarkan saran terkait penggunaan produk melalui komunikasi berbasis teks seperti email, forum diskusi, jaringan chat, dan ulasan konsumen yang lebih dikenal dengan word of mouse (WOMo). Penelitian ini mengembangkan forum diskusi online dengan menerapkan prinsip-prinsip interaksi manusia dan komputer dalam desain visual web berkaitan dengan pembahasan informasi seputar laptop. Eksperimen dilakukan terhadap desain dan isi suatu forum internet berdasarkan pada jenis isi informasi word of mouse yang ditampilkan yaitu word of mouse positif dan negatif. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor tingkat personalisasi kognitif yang terdiri dari intensitas afeksi dan isi dari ulasan terhadap keinginan pembelian konsumen akan laptop, serta mengidentifikasi pengaruh word of mouse positif dan word of mouse negatif terhadap keinginan pembelian konsumen akan laptop. Berdasarkan hasil uji regresi maka diketahui bahwa tingkat personalisasi kognitif yang lebih tinggi akan mengarah pada keinginan pembelian yang lebih besar serta personalisasi kognitif memiliki dampak yang lebih besar terhadap keinginan pembelian pada review positif. Penggunaan forum internet untuk menampilkan ulasan online mendukung terjalinnya komunikasi baik antar sesama konsumen maupun konsumen dengan perusahaan sehingga perusahaan dapat memantau persepsi konsumen akan produknya. Pembentukan komunitas dapat digunakan untuk membentuk suatu jaringan pemasaran yang kuat
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word of Mouse, Personalisasi Kognitif, Keinginan Pembelian |
Subjects: | Magister Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 09:05 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 09:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
View Item |