PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Lantik, Lantik (2011) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF01464.pdf

Download (587kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF01464.pdf

Download (205kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF01464.pdf

Download (779kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF01464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF01464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF01464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF01464.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini, peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan di Sekolah-sekolah dengan melaksanaan ujian akhir nasional (UAN) dan menentukan batas nilai kelulusan untuk beberapa mata diklat. Pelaksanaan ujian teori dan praktek untuk mata diklat produktif dengan kompetensi dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai salah satu mata diklat yang diujikan di ujian akhir nasional SMK dengan nilai batas kelulusan ≥ 7,00. Jika pelaksanaan ujian akhir nasional dilaksanakan dengan jujur dan batas nilai kelulusan terus dinaikkan menyebabkan masalah masih rendahnya tingkat kelulusan. Hal ini dapat diatasi dengan mengembangkan teknologi informasi untuk pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujun untuk membangun aplikasi pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja berbasis multimedia untuk meningkatkan pemahaman dan efektifitas pembelajaran siswa pada pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pengujian untuk tingkat pemahaman siswa dilakukan dengan membagikan kuisioner untuk menanyakan apakah dengan aplikasi K3 siswa lebih paham informasi K3. Dan untuk pengujian efektifitas pembelajaran K3 digunakan uji hipotesis untuk sampel tak bebas (Dependent Samples). Aplikasi dibangun menggunakan software Adobe Flash CS 3, Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memperoleh informasi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, ditunjukkan dari hasil pengujian 32 siswa (satu kelas) pada program keahlian Teknik Audio Video Sekolah Menengah Kejuruan menyatakan bahwa 41% sangat baik, 53% baik dan 6% cukcup baik aplikasi K3 dapat meningkatkan pemahaman siswa Dan aplikasi K3 sebagai multimedia pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Subjects: Magister Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2018 11:17
Last Modified: 29 Jan 2018 11:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item