LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KANTOR SEWA SEBAGAI WADAH INDUSTRI KREATIF DI JAKARTA DENGAN MENERAPKAN DESAIN BIOFILIS SEBAGAI METODE PELEPAS STRES

WIJAYA, NADIA MARCHA (2017) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN KANTOR SEWA SEBAGAI WADAH INDUSTRI KREATIF DI JAKARTA DENGAN MENERAPKAN DESAIN BIOFILIS SEBAGAI METODE PELEPAS STRES. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TA148570.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
TA148571.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
TA148572.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TA148573.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TA148574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB V)
TA148575.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] Text (BAB VI)
TA148576.pdf

Download (46MB)

Abstract

Kantor sewa sebagai wadah industri kreatif di Jakarta didesain pada sebuah tapak yang berlokasi di Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Lokasi tapak bangunan ini berada tepat di sisi sebelah utara Plaza Indonesia. Dengan dikelilingi oleh lebih dari enam hotel bintang lima, dua high-end mall, tiga kantor kedutaan, serta lebih dari lima grade-A office, tapak ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Jakarta nantinya. Selain itu, pemilihan lokasi site ini juga didasarkan ats pertimbangan bahwa jl. MH Thamrin merupakan satu dari keempat jalan pembentuk the golden triangle of Jakarta serta karena kemudahannya untuk diakses oleh berbagai moda transportasi umum di Jakarta. Pemilihan desain dan rancangan kantor sewa sebagai wadah industri kreatif di Jakarta didasarkan atas reaksi dari beberapa masalah mengenai ekonomi kreatif di Indonesia. Permasalahan yang paling utama adalah kurangnya lahan apresiasi dan bekerja bagi para pelaku industri kreatif di Indonesia yang notabene juga tak sedikit dalam menyumbang pendapatan Indonesia, khususnya wilayah DKI Jakarta. Ketidaksiapan masyarakat dalam menggiring pergerakan para pelaku kreatif inilah yang nantinya akan menimbulkan permasalahan perekonomian yang berkepanjangan dan dapat berakibat fatal bagi laju perekonomian Indonesia. Tak hanya itu, suasana lingkungan pekerjaan di tengah urban city seperti DKI Jakarta masih termasuk dalam kategori tidak ramah karena adanya fenomena crowding stress yang juga semakin menghambat lahirnya ide-ide kreatif dari para pelaku kreatif. The Groove Cavity, merupakan sebuah konsep penyelesaian masalah dari rancangan kantor sewa untuk industri kreatif yang berbasis desain biofilis. Desain biofilis dihadirkan melalui berbagai fitur bangunan yang secara tidak langsung menguatkan hubungan antara manusia di dalamnya dengan alam sekitar. Harapan besar dari desain ini adalah agar kantor sewa ini dapat menjadi wajah baru bagi kantor sewa lainnya di Jakarta, yang lebih sehat dan mampu menciptakan suasana kerja yang lebih produktif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kantor Sewa untuk Industri Kreatif, Crowding Stres, The Groove Cavity, Desain Biofilis,
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Jan 2018 10:23
Last Modified: 31 Jan 2018 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item