PROSES PERENCANAAN STRATEGIS PROGRAM FACTORY VISIT OLEH DIVISI CORPORATE AFFAIRS PT DJARUM DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PUBLIK

RENALDO, RENO (2017) PROSES PERENCANAAN STRATEGIS PROGRAM FACTORY VISIT OLEH DIVISI CORPORATE AFFAIRS PT DJARUM DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PUBLIK. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RENO RENALDO)
KOM04561.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

PT Djarum sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, menganggap penting suatu perencanaan strategis pada perusahaan. Perencanaan strategis yang disebut sebagai rencana strategis perusahaan di maknai sebagai suatu strategi yang di susun dan direncanakan oleh divisi Corporate Affairs (CORA) selaku divisi PR PT Djarum bagi perusahaan ke depannya. Rencana strategis PT Djarum diwujudkan dalam bentuk program “Factory Visit” oleh divisi CORA PT Djarum. Dalam melakukan analisis, peneliti menggunakan dasar teori mengenai proses perencanaan strategis PR yang dikatakan oleh Cutlip (2006, hal. 365), meliputi: mendefinisikan problem atau masalah, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, mengevaluasi program. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (In Depth Interview) kepada tiga informan penelitian. Obyek penelitian yang di teliti adalah PT Djarum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani 28 Kudus. Perencanaan strategis program “Factory Visit” dilakukan oleh divisi CORA PT Djarum sebagai salah satu upaya untuk menghadapi isu dan permasalahan yang di hadapi oleh PT Djarum, dengan adanya regulasi yang semakin ketat bagi perusahaan rokok terkhusus PT Djarum ini memengaruhi upaya PT Djarum dalam menjalin hubungan dengan publik. Hal ini sesuai dengan tujuan utama program “Factory Visit” untuk menjalin hubungan dengan publik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, bahwa proses perencanaan strategis program “Factory Visit” oleh divisi CORA PT Djarum juga didasarkan pada teori proses perencanaan strategis PR menurut Cutlip. Proses perencanaan strategis program “Factory Visit” oleh divisi CORA PT Djarum dibagi menjadi empat tahap di dalamnya, yaitu: tahap perumusan masalah, tahap perencanaan tujuan, tahap perencanaan strategi, tahap pengevaluasian strategi. Tahapan ini menjadi suatu proses perencanaan strategis program “Factory Visit” oleh divisi CORA PT Djarum yang dapat digambarkan seperti siklus yang saling berhubungan, karena perencanaan strategis yang dilakukan oleh divisi CORA PT Djarum akan selalu berkembang sesuai dengan adanya kepentingan dari perusahaan dan publik tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Strategis, Factory Visit, Menjalin Hubungan Dengan Publik.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:18
Last Modified: 12 Feb 2018 08:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item