SOSIALISASI ASEAN COMMUNITY OLEH SEKRETARIAT NASIONAL ASEAN INDONESIA SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INOVASI BERDASARKAN TEORI DIFUSI INOVASI

PAMUNGKAS, AYU SEGER MIRANDA (2016) SOSIALISASI ASEAN COMMUNITY OLEH SEKRETARIAT NASIONAL ASEAN INDONESIA SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI INOVASI BERDASARKAN TEORI DIFUSI INOVASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AYU SEGER MIRANDA PAMUNGKAS)
KOM04781.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis sosialisasi ASEAN Community yang dilakukan oleh Sekretariat Nasional (Setnas) ASEAN Indonesia sebagai bentuk komunikasi inovasi didasarkan pada Teori Difusi Inovasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini penting dilakukan dikarenakan pembentukan ASEAN Community masih dianggap baru dan awam bagi masyarakat Indonesia. Sehingga tepat jika penelitian ini dianalisis berdasarkan Teori Difusi Inovasi, karena difusi merupakan jenis komunikasi khusus yang mengkomunikasikan inovasi berupa suatu ide, gagasan atau hal yang dianggap baru oleh penerima. Berdasarkan wawancara semi terstruktur dan analisis dokumen, hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi ASEAN Community oleh Setnas ASEAN Indonesia merupakan bentuk komunikasi inovasi, karena berdasarkan analisis dengan Teori Difusi Inovasi memenuhi elemen difusi inovasi dan model keputusan inovasi. Berdasarkan analisis karakteristik inovasi, sosialisasi ASEAN Community memiliki karkteristik keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan untuk dicoba dan mudah diamati. Sedangkan dari analisis saluran komunikasi, proses sosialisasi ASEAN Community menggunakan saluran media massa dan media publik. Dimensi waktu juga berlaku pada Sosialisasi ASEAN Community yaitu sebelum tahun 2015 hingga tahun 2025. Dalam Sosialisasi ASEAN Community yang dilakukan oleh Setnas ASEAN Indonesia terdapat dua sistem sosial yang berpengauh dalam proses keputusan inovasi, yaitu pemerintah daerah sebagai opinion leader, sedangkan untuk agen perubahannya adalah blogger. Berdasarkan model proses keputusan inovasi faktor pengaruh yang terdapat dalam sosialisasi ASEAN Community oleh Setnas ASEAN Indonesia adalah kebutuhan dan kepaduan/kesatuan komunikasi. Sementara tahapan proses keputusan inovasi yang terdapat di dalam sosialisasi ASEAN Community yaitu tahap pengenalan dan tahap persuasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Difusi Inovasi, Komunikasi Inovasi, Proses Sosialisasi, ASEAN Community, Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 08:13
Last Modified: 22 Feb 2018 08:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item View Item