PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI SITUS BELANJA ONLINE (Studi Kualitatif Mengenai Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Lazada dalam Belanja Online Melalui Situs Lazada)

Soerjonegoro, Charlotte Widya Ari Putri (2016) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI SITUS BELANJA ONLINE (Studi Kualitatif Mengenai Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Lazada dalam Belanja Online Melalui Situs Lazada). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Charlotte Widya Ari Putri Soerjonegoro)
KOM03889.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan para konsumen dalam membeli produk melalui online shop dan Lazada. Informan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Lazada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam atau depth interview. Kategorisasi informan yang dipilih dalam penelitian ini adalaf informan yang sudah sering berbelanja di situs online shop, informan yang suka berbelanja karena merasa tidak ada di pasaran terdekat, informan yang memiliki kenaikan intensitas membeli sejak berbelanja di situs online shop dan informan yang jarang berbelanja di online shop. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan konsumen Lazada untuk belanja melalui situs Lazada dilatarbelakangi oleh lebih efisien dan praktis serta dapat dilakukan dimana saja dengan akses internet atau konsumen tidak perlu datang ke toko konvensional. Lazada dipilih oleh konsumen karena banyaknya diskon atau promo yang diluncurkan sehingga konsumen atau informan memutuskan membeli produk melalui online shop Lazada. Lazada dinilai oleh konsumen sebagai online shop yang dapat dipercaya, memiliki pelayanan yang bagus hingga barang sampai di tangan informan, keamanan transaksi serta harga yang ditawarkan lebih murah. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa teman atau faktor sosial menjadi salah satu faktor yang dapat membantu informan atau calon konsumen lain untuk meyakinkan informan sebelum melakukan pembelian produk di suatu online shop.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, online shop, Lazada, perilaku konsumen
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 10:36
Last Modified: 22 Feb 2018 10:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item