BRAND MAPPING COFFEE SHOPS BERDASARKAN PENGHITUNGAN CUSTOMER BASED BRAND EQUITY (CBBE) (Analisis Pemetaan Brand Own Kafe, Rumah Kopi, Cheers Coffee, Kedai Kopi dan Break Coffee Berdasarkan Penghitungan Customer Based Brand Equity Tahun 2007)

KUSUMA, CAHYA ARDIYANTO (2016) BRAND MAPPING COFFEE SHOPS BERDASARKAN PENGHITUNGAN CUSTOMER BASED BRAND EQUITY (CBBE) (Analisis Pemetaan Brand Own Kafe, Rumah Kopi, Cheers Coffee, Kedai Kopi dan Break Coffee Berdasarkan Penghitungan Customer Based Brand Equity Tahun 2007). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CAHYA ARDIYANTO KUSUMA)
KOM02333.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ekuitas merek yang kuat dibutuhkan saat brand dihadapkan pada kompetisi yang tinggi. Tiap brand dituntut untuk memiliki nilai tambah yang membedakan produknya dengan produk kompetitor. Nilai pembeda ini terletak pada apa yang dipelajari, dirasakan, dilihat dan didengarkan konsumen tentang merek tersebut dari hasil pengalamannya sepanjang waktu, disebut sebagai customer based brand equity (CBBE). Ekuitas merek berbasis pelanggan disusun atas empat dimensi utamanya, yaitu brand awareness, brand image, brand loyalty serta perceived quality. Penelitian dilakukan terhadap lima coffee shop di Yogyakarta, yaitu Break Coffee, Cheers Coffee, Kedai Kopi, Rumah Kopi dan Own Kafe. Identifikasi atribut penyusun perceived quality dan brand image ditentukan melalui riset terhadap pelanggan coffee shop, kemudian digunakan sebagai dasar penelitian untuk menentukan besarnya ekuitas merek coffee shop tersebut. Secara deskriptif, setiap brand dipaparkan menggunakan perceptual mapping, untuk mengetahui gambaran kedekatan tiap brand terhadap atribut-atribut penyusun ekuitas mereknya, dalam hal ini perceived quality dan brand image. Hasil identifikasi atribut Perceived Quality yaitu; “kopi terbaik”, “pelayanan cepat”, “pesanan sesuai yang dipesan”, “pegawai ramah dan tahu produk”, “penampilan pegawai menarik”, “bersih dan rapi”, “makanan enak”, “rasa kopi nikmat” serta “jam buka sesuai”. Sedangkan atribut Brand Image yaitu: “betah bertahan lama”, “suasana nyaman”, “tidak terlalu ramai”, “smoking room terpisah”, “musiknya enak”, “tersedia WiFi yang kencang”, “tersedia jenis minuman yang lain”, “lokasi strategis”, “layout dan kursi nyaman”, serta “harganya sesuai”. Nilai Brand awareness tertinggi diraih oleh Kedai Kopi, nilai brand loyalty dan perceived quality tertinggi diraih oleh Rumah Kopi, sedangkan nilai brand image tertinggi diraih oleh Own Kafe. Nilai keseluruhan ekuitas merek tertinggi diraih oleh Kedai Kopi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brand awareness, brand equity, brand image, brand loyalty, perceived quality, perceptual mapping
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2018 11:53
Last Modified: 22 Feb 2018 11:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item