KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GERAI SEPATU RACCOON SHOES MELALUI MEDIA JEJARING SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI (Penelitian Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pemasaran Online Gerai Sepatu Raccoon Shoes Melalui Media Jejaring Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Minat Beli Periode Januari - Maret 2016)

AWUY, BERNHARD (2016) KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GERAI SEPATU RACCOON SHOES MELALUI MEDIA JEJARING SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI (Penelitian Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pemasaran Online Gerai Sepatu Raccoon Shoes Melalui Media Jejaring Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Minat Beli Periode Januari - Maret 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BERNHARD AWUY)
KOM02668.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Internet sekarang ini bukanlah suatu hal yang asing dan baru lagi, namun sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Salah satu produk internet adalah media jejaring sosial. Media jejaring sosial juga dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan pemasaran dan jual beli. Raccoon Shoes yang mempunyai akun Instagram bernama raccoon.id, merupakan salah satu penjual produk sepatu original di Yogyakarta. Raccoon Shoes menggunakan media jejaring sosial Instagram untuk mengiklankan produk-produknya. Penilitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran Philip T. Kotler dan Gary Armstrong, dengan 8 tahap yang harus dilakukan, yaitu mengenali target audiens, menetapkan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih media, menyeleksi sumber pesan, mengumpulkan umpan balik, menentukan anggaran promosi dan menentukan bauran promosi. Konsep berikutnya adalah model komunikasi pemasaran online untuk mempengaruhi audiens di era media baru menurut Eka AG Wenats yaitu Attention, interest, search, action, dan share, untuk melihat proses meningkn minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengelola akun Instagram Raccoon Shoes. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian kali ini adalah dengan menggunakan In-Depth Interview. Wawancara dilakukan dengan pemilik dan pengelola akun Instagram Raccoon Shoes guna memperoleh informasi terkait kegiatan komunikasi pemasaran online gerai sepatu raccoon shoes melalui media jejaring sosial untuk meningkatkan minat beli. Hasil penelitian ini pada Raccoon Shoes melakukan setiap proses kegiatan komunikasi pemasaran online, namun tidak menggunakan endorser dan tidak melakukan penganggaran biaya secara khusus dalam proses ini. Raccoon shoes juga mengoptimalkan setiap fungsi fitur Instagram dan menggunakan Whatsapp dan Line@ yang difungsikan sebagai media layanan konsumen. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan kegiatan komunikasi pemasaran online dan pengoptimalan fungsi media jejaring sosial ini dilakukan Raccoon Shoes untuk meningkatkan minat beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, media sosial, komunikasi, pemasaran, minat beli
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2018 10:16
Last Modified: 23 Feb 2018 10:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item