PKI DI MATA TEMPO EDISI KETERLIBATAN CIA PADA TRAGEDI 1965 (Framing Model Gamson & Modigliani Pada Tempo Edisi 5-11 Oktober 2015)

WICAKSONO, PAULUS DARMA (2016) PKI DI MATA TEMPO EDISI KETERLIBATAN CIA PADA TRAGEDI 1965 (Framing Model Gamson & Modigliani Pada Tempo Edisi 5-11 Oktober 2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (PAULUS DARMA WICAKSONO)
KOM04599.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian berbasis analisis framing ini mengangkat isu yang menjadi agenda media Tempo yakni peristiwa 1965. Tempo memiliki sejumlah terbitan yang membahas peristiwa kelam sejarah bangsa Indonesia tersebut dengan terbitan perdana pada tahun 2007. Objek penelitian ini mengambil edisi di tahun 2015 yang mengangkat angle Jejak CIA Pada Tragedi 1965. Dengan menggunakan paradigma konstruksionis, penelitian ini mencoba membongkar kerangka yang dibangun Tempo untuk menjawab pertanyaan penelitian. Paradigma konstruksionis penelitian ini menggunakan instrumen analisis framing model William A. Gamson dan Andre Modlgiani. Konsep framing yang digagas Gamson bersama Modligiani ini bertujuan melihat kemasan atau media package Tempo dalam membahas peristiwa 1965. Sejarah kelam tersebut sangat kental dengan atmosfer komunisme. ada banyak sudut pandang dalam sejarah 1965 secara khusus yang membahas Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada edisi Jejak CIA, Tempo mengulas dokumen CIA yang berisi laporan mengenai keadaan politik di beberapa negara di Asia termasuk Indonesia. Dalam laporan itu, CIA secara detail melaporkan gerakan-gerakan militer yang merencanakan operasi penumpasan komunis yang dianggap kontrarevolusioner. Peran negara Barat yang dalam hal ini melalui badan intelijennya yang berdomisili di Indonesia diduga tidak hanya melakukan peran melaporkan melainkan terlibat dalam operasi itu. Tempo memaparkan laporan declassified yang dibandingkan dengan analisis Tempo bersama para ahli peristiwa 1965. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis teks dan konteks dalam menganalisis kecenderungan pandangan media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PKI, CIA, militer, framing
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2018 11:04
Last Modified: 22 Mar 2019 07:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item