PENGARUH JOB INSECURITY TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN YAMAHA SUMBER BARU MOTOR AREA DIY

HARTOKO, YOHANES PAULUS WISNU (2016) PENGARUH JOB INSECURITY TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN YAMAHA SUMBER BARU MOTOR AREA DIY. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YOHANES PAULUS WISNU HARTOKO)
EM16748.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap organisasi mempunyai sistem yang mengatur karyawannya dalam melakukan pekerjaan demi tujuan yang hendak dicapainya. Karyawan merupakan aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan, maka perusahaan harus mampu membuat karyawan merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Karyawan mengalami rasa tidak aman dalam hal ini kondisi pekerjaan (X1), konflik peran (X2), pengembangan karir (X3), dan pusat pengendalian (X3) yang semakin meningkat karena ketidakstabilan terhadap ststus pekerjaan mereka yang hanya sebagai karyawan kontrak, sehingga bisa memicu tingginya angka turnover intention (Y) karyawan yang terjadi di suatu perusahaan (Suhartono, 2007:61). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utuk menguji pengaruh job insecurity yang terdiri dari kondisi pekerjaan, konflik peran, pengembangan karir, dan pusat pengendalian terhadap turnover intention. Penelitian ini mengambil sampel 100 orang karyawan kontrak Yamaha Sumber Baru Motor Area DIY yang tersebar di 35 cabang. Hasil penelitian ini memberikan bukti yang nyata bahwa, job insecurity yang terdiri dari kondisi pekerjaan, konflik peran, pengembangan karir, dan pusat pengendalian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simutan terhadap turnover intention. Job insecurity yang terdiri dari kondisi pekerjaan, konflik peran, pengembangan karir, dan pusat pengendalian mampu mempengaruhi sebesar 67,5% peningkatan kinerja karyawan. Namun, secara parsial variabel kondisi pekerjaan (X1), konflik peran (X2), dan pusat pengendalian (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention (Y). Sedangkan variabel pengembangan karir (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap turnover intention (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: job insecurity, kondisi pekerjaan, konflik peran, pengembangan karir, pusat pengendalian, turnover intention
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2018 12:19
Last Modified: 26 Feb 2018 12:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14027

Actions (login required)

View Item View Item