PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MOBIL HATCHBACK KIA ALL NEW RIO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Anggota Rio Owners Community Chapter Yogyakarta dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Tentang Produk KIA All New RIO)

Kairupan, Fredericksen Jefry (2016) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MOBIL HATCHBACK KIA ALL NEW RIO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Anggota Rio Owners Community Chapter Yogyakarta dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Tentang Produk KIA All New RIO). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Fredericksen Jefry Kairupan)
KOM03106.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

KIA RIO adalah sebuah sebuah mobil hacthback yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea ini. Saat ini KIA RIO sudah memasuki generasi ketiganya dalam kehadirannya di dunia otomotif. Perubahan KIA RIO sampai generasi ketiga ini merupakan salah satu upaya dari KIA dalam meningkatkan kualiatas dari produk generasi sebelumnya sehingga mampu bersaing dalam persaingan dengan kompetitornya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen pengguna KIA All New RIO terhadap produk yang yang mereka konsumsi. Penelitian ini menggunakan konsep mengenai tingkatan produk oleh Phillip T. Kotler yaitu core consumer product, basic product, dan augmented product. Konsep kedua adalah faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi oleh Jalanudin Rakmat. yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengguna KIA All New RIO yang tergabung dalam RIO Owners Community atau biasa disebut ROCKS chapter Jogja. Metode pengumpulan data yang diakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan cara wawancara. Wawancara dilakukan dengan pengguna KIA All New RIO dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang persepsi tentang produk KIA All New RIO. Adapun narasumber yang dipilih adalah sebanyak 5 orang dengan latar belakang, jenis kelamin, dan usia yang berbeda. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa persepsi anggota ROCKS Jogja terhadap produk KIA All New RIO sudah cukup baik. Penampilan baru dari KIA All New RIO ini cukup berpengaruh dalam mengubah persepsi konsumen. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi para anggota ROCKS dalam penelitian ini adalah faktor eksternal di mana pihak wiraniaga yang memberikan informasi secara jelas kepada konsumen, dan juga berdasarkan pengalaman dari pengguna KIA All New RIO yang sudah memiliki mobil ini sebelumnya. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa konsumen memiliki persepsi positif terhadap Mobil KIA All New RIO ini baik dari eksterior, interior, fitur dan performa dinilai sudah cukup memuaskan. Namun menurut mereka masyarakat masih belum mengetahui tentang produk ini. Adapun faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi konsumen adalah referensi-referensi yang didapat dari wiraniaga atau dari para pengguna KIA All New RIO yang sudah memakai mobil ini sebelumnya. Ada baiknya perusahaan KIA lebih banyak melakukan promosi sehingga persepsi masyarakat terhadap produk ini juga menjadi positif seperti halnya para pengguna KIA All New RIO ini

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, brand, komunitas, produk, konsumen.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:50
Last Modified: 01 Mar 2018 08:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item