“PENGARUH VISUALISASI PRODUK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI LEATHERGOODS” (Studi Eksplanatif pada Akun Instagram @revoltindustry untuk Konsep Rider’s Bag dalam Promosi Ramadhan Bundles 2016 pada Komunitas Motor Antique Club Yogyakarta)

EDUARD H. S., . (2016) “PENGARUH VISUALISASI PRODUK DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI LEATHERGOODS” (Studi Eksplanatif pada Akun Instagram @revoltindustry untuk Konsep Rider’s Bag dalam Promosi Ramadhan Bundles 2016 pada Komunitas Motor Antique Club Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (EDUARD H. S.)
KOM02903.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kerajinan kulit sebagai subsektor industri kreatif yang sedang naik daun membutuhkan media promosi untuk mengkomunikasikan produknya. Beberapa brand atau individu kreatif di industri kulit bersaing untuk mendapatkan pasar melalui Instagram dengan mengkonsep setiap foto atau video yang diunggahnya. Visualisasi produk di Instagram didesain untuk memasarkan produk kulit (leathergoods) khususnya untuk meningkatkan brand awareness dan menciptakan minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh visualisasi produk di akun Instagram Revolt Industry terhadap minat beli leathergoods pada komunitas Motor Antique Club Yogyakarta (MACY). Variabel dalam penelitian ini adalah visualisasi produk sebagai variabel independen (X) dan minat beli sebagai variabel dependen (Y). Penelitian kuantitatif dilakukan dengan mengambil sampel yakni anggota aktif dari MACY dan dengan menyebarkan kuesioner di sekretariatnya. Waktu penelitian disesuaikan dengan batas waktu yang digunakan @revoltindustry dalam mengkampanyekan promosi Ramadhan Bundles, yakni mulai pada tanggal 19 Juni sampai 10 Juli 2016. Skala likert digunakan untuk memperoleh data yang tepat dan sesuai dengan menggunakan kuesioner tertutup. Kemudian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi. Dengan hasil dan analisis data, diketahui bahwa visualisasi produk mempunyai pengaruh terhadap minat beli sebesar 37,6%. Dapat dikatakan bahwa sebagian besar menyatakan setuju bahwa visualisasi produk berupa foto yang diposting pada Instagram adalah baik dan sesuai dengan konsep promosi yang dikampanyekan, Rider’s Bag. Pengaruh visualisasi produk terhadap minat beli adalah ada dan terbukti sebesar 37,6%, sedangkan 62,4% ditentukan oleh faktorfaktor lain di luar model penelitian. Pengaruhnya bersifat positif, semakin baik visualisasi produk maka semakin meningkat minat belinya. Visualisasi produk di Instagram berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli leathergoods. Nilai koefisien regresi sebesar 0,614 dan masuk ke dalam interpretasi koefisien regresi yang kuat dan mempunyai nilai positif yang artinya semakin tinggi visualisasi produk maka semakin tinggi pula minat beli. Banyak elemen dalam desain komunikasi visual dari sebuah visualisasi produk yang masih dapat diteliti. Hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya mengenai visualisasi produk terkait dengan media sosial Instagram yang menitikberatkan pada bidang fotografi sebagai alat promosi. Dalam perkembangannya bisa dilakukan endorsement ke selebgram hingga bisa didapatkan visualisasi yang lebih baik dengan adanya model produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: visualisasi, produk, instagram, minat beli, leathergoods.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 10:08
Last Modified: 01 Mar 2018 10:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item