Mitos Masa Depan dalam Film Interstellar (2014) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Mitos Masa Depan dalam Film Interstellar)

Lokita, R. Arditya Mutwara (2016) Mitos Masa Depan dalam Film Interstellar (2014) (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Mitos Masa Depan dalam Film Interstellar). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (R. Arditya Mutwara Lokita)
KOM03258.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Apa yang ingin peneliti bahas di sini adalah bagaimana industri perfilman berusaha merepresentasikan masa depan dan mengangkatnya ke layar lebar. Film-film ber-genre Sci-Fi menjadi sarananya karena genre ini memang sesuai dari segi tema-tema yang diangkat dalam filmnya dan memang menampilkan mitos masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa melalui film, mitos tentang masa depan disajikan secara gamblang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis shot camera dan konsep pada kerangka teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada representasi yang ditampilkan melalui film Interstellar tentang masa depan dunia, yakni kiamat (kehancuran dunia), perjalanan luar angkasa (space travel), dan menemukan planet lain yang bisa dihuni manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: representasi, interstellar, film science fiction, film
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 10:18
Last Modified: 01 Mar 2018 10:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item