PESAN PERSUASIF DALAM IKLAN DI MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Kecenderungan Pesan Persuasif Dalam Iklan Pada Akun Instagram @Kulineryogya Periode 1 - 30 Mei 2016)

WISDA, BATARA CHRISTIAN FEBRIAN (2016) PESAN PERSUASIF DALAM IKLAN DI MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Kecenderungan Pesan Persuasif Dalam Iklan Pada Akun Instagram @Kulineryogya Periode 1 - 30 Mei 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BATARA CHRISTIAN FEBRIAN WISDA)
KOM03338.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi serta tren penggunaan media sosial yang kemudian menciptakan peluang dalam menjangkau target audiens di media sosial. Penggunaan media sosial tidak hanya sekedar sebagai arena memamerkan sesuatu, akan tetapi telah bergeser sebagai media dalam menempatkan iklan produk/jasa. Iklan digunakan sebagai sarana penyampai pesan persuasif kepada audiens. terkait konteks penelitian ini adalah iklan pada akun media sosial Instagram. Akun media sosial ini juga dikelola sebagai media dalam menempatkan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kecenderungan pesan persuasif dalam iklan yang ditampilkan pada akun media sosial Instagram berdasarkan konsep prinsip merancang pesan persuasif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode analisis isi kuantitatif, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah iklan yang tampil pada akun media sosial Instagram @Kulineryogya pada 1-30 Mei 2016 dengan total populasi 84 iklan dan sampel penelitiannya sebanyak 84 iklan, penentuan sampel dengan menggunakan rumus Slovin, data primer adalah lembar koding yang digunakan peneliti dan dua koder yang melakukan pencatatan data, data sekunder didapatkan melalui situs Instagram serta narasumber yang ditemui peneliti sebelum melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan pada akun media sosial Instagram, pada sisi isi pesan persuasif cenderung menampilkan atau menonjolkan label harga termasuk pada jenis advertising ritel, untuk kebutuhan fisiologis dan menciptakan persepsi pada konsumen, pada sisi struktur pesan persuasif cenderung menampilkan atau menonjolkan pesan eksplisit, pada sisi format pesan pada kategori tipologi pesan cenderung menampilkan atau menonjolkan pesan satu sisi, sedangkan pada kategori penyajian pesan cenderung menampilkan atau menonjolkan pesan rasional. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu iklan pada akun media sosial Instagram @Kulineryogya 1 – 30 Mei 2016, terkait dengan isi pesan cenderung menampilkan atau menonjolkan label harga (price copy) termasuk pada jenis advertising ritel, untuk kebutuhan fisiologis dan sejalan dengan fungsi periklanan untuk menciptakan persepsi dan celah yang positif antara harga produk dan nilai. Pada pesan satu sisi, dianggap disukai oleh audiens, audiens tidak mempunyai pandangan atau penilaian yang bertentangan atau negatif pada pesan yang dikomunikasikan, kurang memiliki pengetahuan terhadap objek yang disampaikan. Pada pesan rasional yang dari sisi dinamika proses motivasi terkait dengan manfaat utilitarian, serta dari sisi strategi pesan yaitu menggunakan pendekatan hard sell.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pesan persuasif, iklan, media sosial, Instagram
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 10:42
Last Modified: 01 Mar 2018 10:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item