PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA ANGKATAN 2013 TENTANG PROFESI PUBLIC RELATIONS OFFICER

SIWABESSY, MARLEN ARISANDY (2016) PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA ANGKATAN 2013 TENTANG PROFESI PUBLIC RELATIONS OFFICER. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MARLEN ARISANDY SIWABESSY)
KOM04164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Persepsi sendiri membantu manusia untuk dapat berkomunikasi karena tindak lanjut persepsi ini adalah keputusan untuk berkomunikasi. Persepsi pada penelitian ini menekankan pada profesi menjadi Public Relations Officer. Seiring perkembangan zaman dan perkembangan ilmu yang terealisasikan dalam bentuk profesi, Public Relations Officer menjadi salah satu profesi yang cukup banyak diminati.Mahasiswa konsentrasi studi Public Relations menjadi kandidat utama penelitian ini karena mereka adalah calon praktisi PR, sehingga bisa menjawab tujuan penelitian ini dimana ingin melihat persepsi mahasiswa ini terkait profesi Public Relations Officer dan perbedaan persepsi kaum perempuan dan laki-laki terkait profesi Public Relations Officer. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori dari Frank Jefkins tentang ciri-ciri yang melekat pada profesi khususnya profesi PR. Menurut Frank Jefkins ada beberapa ciri pada profesi yang disimpulkan peneliti dalam lima dimensi, diantaranya dimensi kemampuan komunikasi, dimensi kemampuan organisasi, dimensi kemampuan menghadapi publik, dimensi kemampuan imajinasi, dan dimensi etika dan profesionalisme PR. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, dimana menggunakan kusioner sebagai angket pengumpulan data. Kuisioner berisi 32 pernyataan terkait lima dimensi yang sudah disebutkan di atas. Hasil penelitian didapatkan setelah uji distribusi frekuensi yaitu untuk dimensi kemampuan komunikasi, dimensi kemapuan menghadapi publik, dimensi kemampuan imajinasi, dan dimensi etika dan profesionalisme PR masuk dalam kelas interval tinggi. Sedangkan untuk dimensi kemampuan organisasi masuk dalam kelas inerval sedang. Meskipun salah satu dimensi masuk dalam kelas interval sedang, secara keseluruhan hasil untuk uji distribusi frekuensi ini baik. Maksudnya responden (mahasiswa angkatan 2013 mayor PR) menyadari betul aspek-aspek yang harus dimiliki oleh seorang praktisi PR. Selanjutnya untuk perbedaan persepsi perempuan dan laki-laki digunakan uji beda. Dan dari hasil uji beda ini didapatkan bahwa tidak ada beda yang signifikan. Dilihat dari nilai sig 2- tail yang sangat besar (melebihi 0,05). Sehingga disimpulkan bahwa persepsi perempuan dan laki-laki terkait profesi Public Relations Officer ini sejalan atau sama terkait berbagai hal-hal dasar yang harus dimiliki seorang praktisi PR. Kesimpulan penelitian ini mahasiswa baik laki-laki dan perempuan memiliki persepsi yang tidak jauh berbeda terkait profesi menjadi seorang praktisi PR, namun ada baiknya untuk penelitian selanjutnya sampel yang diambil jangan satu angkatan saja. Sehingga hasil temuan datanya bisa lebih variatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Public Relations,Profesi Public Relations Officer.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:56
Last Modified: 01 Mar 2018 12:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item