PENENTUAN KONDISI PARAMETER PEMOTONGAN YANG OPTIMAL PADA PROSES MANUFAKTUR INSOLE DENGAN PENDEKATAN METODE RESPON PERMUKAAN

PURHARYONO, YOSEP (2018) PENENTUAN KONDISI PARAMETER PEMOTONGAN YANG OPTIMAL PADA PROSES MANUFAKTUR INSOLE DENGAN PENDEKATAN METODE RESPON PERMUKAAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI075110.pdf

Download (857kB)
[img] Text (BAB I)
TI075111.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB II)
TI075112.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TI075113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB IV)
TI075114.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
TI075115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
TI075116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Operasi milling CNC adalah operasi yang penting dalam perkembangan industri manufaktur saat ini. Hal ini karena operasi milling merupakan operasi pengelupasan benda kerja pada mesin perkakas yang paling sering digunakan di dunia industri. Kualitas suatu produk pada mesin milling ditentukan berdasarkan kualitas kekasaran permukaannya (Ra). Kekasaran permukaan ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu kondisi pemotongan dan ketidakteraturan proses permesinan. Agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, diperlukan kondisi parameter pemotongan yang optimal sehingga kekasaran pemukaan yang dihasilkan bisa serendah mungkin. Masalah pada saat melakukan optimasi kondisi parameter pemotongan adalah bagaimana mendapatkan cara sehingga respon yang diperoleh optimal. Kondisi parameter pemotongan yang optimal dapat diperoleh menggunakan teknik optimasi. Teknik optimasi adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil terbaik pada keadaan tertentu. Pendekatan metode statistik seperti Design of Experiment (DoE), metode Taguchi, atau Response Surface Methodology (RSM) adalah metode yang efisien untuk mendapatkan respon yang optimal. Penelitian ini menerapkan pendekatan kombinasi metode Taguchi - RSM untuk mendapatkan kondisi parameter pemotongan yang optimal. Design eksperimen berdasarkan orthogonal array Taguchi design. Pemodelan dilakukan dengan model regresi ordo - dua. Optimasi model menerapkan analisis RSM. Pada penelitian ini, didapatkan kondisi parameter pemotongan optimal sebagai berikut: spindle speed 12500 rpm; step over 0,15 mm; feed rate 850 mm/min; dan toolpath strategy Raster 90 dengan menggunakan jenis material material X. Kondisi optimal tersebut berhasil mendapatkan nilai Ra sebesar 5,328 μm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: milling CNC, kekasaran permukaan, parameter pemotongan, metode Taguchi, dan Response Surface Methodology (RSM).
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2018 13:25
Last Modified: 02 Mar 2018 13:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item