ANALISIS ELEMEN HINGGA PADA KASUS MEKANIKA KONTAK KAKI DENGAN INSOLE UNTUK PENDERITA METATARSALGIA

Mulyono, Yusuf Joko (2018) ANALISIS ELEMEN HINGGA PADA KASUS MEKANIKA KONTAK KAKI DENGAN INSOLE UNTUK PENDERITA METATARSALGIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
TI073280.pdf

Download (755kB)
[img] Text (BAB I)
TI073281.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB II)
TI073282.pdf

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
TI073283.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (BAB IV)
TI073284.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
TI073285.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BAB VI)
TI073286.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak orang tidak sadar apabila pemakaian sepatu high heel atau sepatu bertumit yang terlalu lama dapat menyebabkan nyeri pada kaki, bahkan hingga terjadi kelainan pada kaki. Salah satu penyakit yang menyerang bagian telapak kaki khususnya bagian metatarsal head adalah kelainan kaki metatarsalgia. Dari kasus tersebut, maka penelitian ini dibuat dengan tujuan agar penderita kelainan kaki metatarsalgia dapat memiliki alas kaki sesuai dengan telapak kakinya sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang diterima oleh kaki. Pembuatan alas kaki khusus penderita kelainan kaki metatarsalgia masih sangat jarang ditemukan. Alas kaki ini dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan rasa nyaman bagi penderita kelainan kaki metatarsalgia. Pembuatan insole shoe orthotic ini menggunakan material EVA Rubber Foam dan dibuat dengan beberapa variasi yang akan dianalisis lalu kemudian dipilih kombinasi insole shoe orthotic yang paling optimal. Dalam pencarian insole shoe yang paling optimal, metode yang digunakan adalah Finite Element Analysis yang dibantu dengan menggunakan software ABAQUS 6.13 kemudian diproses menggunakan metode statistika Taguchi untuk memperoleh desain insole shoe orthotic yang paling optimal. Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa desain insole shoe orthotic yang terbaik adalah insole shoe orthotic dengan perbesaran 0,75 tanpa menggunakan metatarsal pad (MP). Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil simulasi dengan menggunakan software ABAQUS 6.13 dengan melihat nilai von.misses yang terkecil dan diperkuat oleh hasil analisis taguchi yang mendukung bahwa desain insole shoe yang paling optimal adalah insole shoe orthotic perbesaran 0,75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metatarsal Pad, Insole Shoe Orthotic, Finite Element Analysis (FEA),Computer Aided Engineering (CAE)
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2018 09:09
Last Modified: 05 Mar 2018 09:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item