PENERAPAN SISTEM MEDIA KOOPERASI DI INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Penerapan Sistem Media Kooperasi di Indonesia pada Literasi.co)

Saraswati, Patricia Diah Ayu (2016) PENERAPAN SISTEM MEDIA KOOPERASI DI INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Penerapan Sistem Media Kooperasi di Indonesia pada Literasi.co). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Patricia Diah Ayu Saraswati)
KOM04603.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)

Abstract

Penerapan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers, berdampak pada kebebasan pers di Indonesia. Namun, kebebasan pers tersebut justru berdampak pada tidak sehatnya kompetisi media di Indonesia yang mengakibatkan munculnya konglomerasi media. Dalam konglomerasi media teljadi monopoli kepemilkan media oleh segelintir orang. Selain itu, pemilik media bisa dengan leluasa melakukan intervensi terhadap dapur redaksi medianya. Fenomena tersebut, mendorong tumbuhnya berbagai bentuk media altematif, salah satunya media kooperasi. Media kooperasi adalah media yang dimiliki oleh banyak orang. Contoh media kooperasi yang ada di Indonesia adalah Literasi.co. Penelitian ini ingin melihat penerapan sistem media kooeperasi di Indonesia pada Literasi.co. Penelitian ini dilakukan dengan studi deskriptifkualitatif dengan metode wawancara mendalam. Dari hasil wawancara mendalam terhadap beberapa tim kerja Literasi.co, diperoleh kesimpulan bahwa sebagai media kooperasi, Literasi.co sudah menerapkan prinsip-prinsip media kooperasi dalam hal pengelolaan dan proses produksi berita. Literasi.co juga bisa menjadi pilihan altematif bagi masyarakat untuk memperoleh informasi selain dari media mainstream, karena isu-isu yang diangkat berbeda dengan media mainstream. Namun, penerapan sistem media kooperasi di Indonesia masih cukup sulit. Hal ini dikarenakan penguasaan media mainstream yang sangat kuat terhadap masyarakat serta belum pahamnya masyarakat tentang konsep media kooperasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konglomerasi Media, Media Altematif, Media Kooperasi, Literasi.co
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Mar 2018 09:06
Last Modified: 21 Mar 2018 09:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item View Item