PROSES PENGORGANISASIAN INFORMASI PENDIRIAN KLINIK SILOAM MEDIKA DI SEMARANG (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Pengorganisasian Informasi dengan Pendekatan Karl Weick)

OCTAVIA, SHINDY BIDURY (2017) PROSES PENGORGANISASIAN INFORMASI PENDIRIAN KLINIK SILOAM MEDIKA DI SEMARANG (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Pengorganisasian Informasi dengan Pendekatan Karl Weick). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SHINDY BIDURY OCTAVIA)
KOM04584.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Berbagai terpaan informasi yang berasal dari lingkungan membuat sebuah organisasi harus dapat mengelola informasi tersebut dengan baik agar nantinya berguna bagi kelangsungan hidup organisasi. Untuk itu perlu adanya pengorganisasian informasi yang dilakukan oleh sebuah organisasi agar dapat terus beradaptasi dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengorganisasian informasi pendirian Klinik Siloam Medika di Semarang. Dalam penelitian ini, Teori Informasi Organisasi Karl Weick digunakan untuk menjelaskan proses pengorganisasian informasi yang dilakukan Siloam Hospitals Group hingga memutuskan mendirikan klinik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, Siloam Hospitals Group memutuskan untuk mendirikan Klinik Siloam Medika Semarang didasari adanya informasi dari lingkungan bahwa di Kota Semarang masih membutuhkan jasa kesehatan yang lebih. Hal tersebut karena adanya perubahan lingkungan yakni peningkatan penduduk yang tidak sesuai dengan jumlah pelayanan jasa kesehatan yang tersedia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa kesehatan, Siloam Hospitals Group akhirnya mengambil kebijakan mendirikan klinik sebagai respon atas pengelolaan informasi yang telah diterima. Dalam hal tersebut yang berperan penting dalam mengambil kebijakan adalah owner dari Siloam Hospitals Group sendiri. Kebijakan tersebut diambil berdasarkan hasil dari pengorganisasian informasi yang dilakukan dengan melalui tiga proses yakni pengumpulan informasi oleh Divisi Bussiness Development, pengelolaan informasi dan penggunaan informasi yakni adanya kebijakan pendirian Klinik Siloam Medika khususnya di Semarang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perubahan lingkungan, pengorganisasian informasi, kebijakan pendirian klinik
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Apr 2018 09:57
Last Modified: 18 Apr 2018 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item