KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PT SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (PT SMART) (Studi Kasus pada Program Pondok Karyawan: Tanaman Organik di kebun Sei Pelakar, Sorolangun Jambi)

PRATIWI, MITHA AYU (2018) KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PT SINAR MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (PT SMART) (Studi Kasus pada Program Pondok Karyawan: Tanaman Organik di kebun Sei Pelakar, Sorolangun Jambi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (MITHA AYU PRATIWI)
KOM04913.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Komunikasi Pemberdayaan dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology (PT SMART) studi kasus pada Program Pondok Karyawan: Tanaman Organik, Sei Pelakar Jambi. Dalam penelitian ini teori komunikasi pemberdayaan diadopsi peneliti untuk menjadi pedoman dalam mendeskripsikan komunikasi dalam program pemberdayaan masyarakat. Komunikasi pemberdayaan sangat penting untuk mengetahui interaksi serta proses dialog yang terjadi pada program pemberdayaan masyarakat. Komunikasi pemberdayaan juga menekankan pada adanya partisipasi dari mayarakat untuk merubah kondisi sosial mereka sendiri. Partisipasi nantinya dapat dilihat dari langkah-langkah komunikasi pemberdayaan dalam membuat program pemberdayaan masyarakat yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi pemberdayaan dalam program pemberdayaan masyarakat yaitu pada program pemberdayaan pondok karyawan: Tanaman organik. Komunikasi pemberdayaan dapat dilihat dari interaksi, model komunikasi serta partisipasi dari masyarakat dalam program pemberdayaan. Jenis penelitan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi pemberdayaan dilakukan menggunakan strategi top down yang artinya masyarakat tidak dilibatkan dalam proses pemberdayaan, interaksi yang dilakukan juga menggunakan model komunikasi monologis dengan menekankan komunikasi berisikan perintah dan informatif tanpa adanya dialog, dengan begitu partisipasi masyarakat menjadi pasif. Dari keempat langkah komunikasi pemberdayaan dalam perencanaan program, hanya pada langkah pelaksanaan program saja masyarakat dilibatkan pada program. Maka bentuk partisipasi menggunakan partisipasi manipulatif dengan mengatasnamakan partisipasi masyarakat padahal tidak dilibatkannya partisipasi masyarakat sejak awal program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: interaksi, komunikasi, partisipasi dan pemberdaya
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 10:28
Last Modified: 24 Apr 2018 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14511

Actions (login required)

View Item View Item