POLA KOMUNIKASI KELUARGA PADA HUBUNGAN JARAK JAUH ANAK TERHADAP ORANG TUA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang Berasal dari Medan)

Tarigan, Claudya Caroline Br (2018) POLA KOMUNIKASI KELUARGA PADA HUBUNGAN JARAK JAUH ANAK TERHADAP ORANG TUA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang Berasal dari Medan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (CLAUDYA CAROLINE BR TARIGAN)
KOM05122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi keluarga dalam menjaga hubungan antara orang tua dan mahasiswa UAJY yang berasal dari Medan dan sedang menjalani hubungan jarak jauh. Mahasiswa Medan memiliki kedekatan dan keintiman sesuai dengan budaya yang mereka miliki yaitu budaya Batak. Dalam budaya Batak setiap individu memiliki ikatan kekeluargaan yang dekat bukan hanya orang tua dan anak tetapi juga ikatan dengan sesama masyarakat Batak. Dalam hal ini, hubungan jarak jauh akan mempengaruhi kedekatan antara anak dan orang tua sesuai dengan cara keduanya menjaga pola komunikasi keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pola komunikasi keluarga laissez-faire, protektif, pluralistik dan konsensual merupakan bentuk pola komunikasi keluarga yang digunakan peneliti sebagai acuan dasar untuk meneliti pola komunikasi keluarga yang digunakan oleh mahasiswa UAJY yang berasal dari Medan dalam menjalani hubungan jarak jauh. Peneliti menggunakan teknik wawancara agar dapat menemukan fakta-fakta yang tidak terlihat mengenai pola komunikasi keluarga yang digunakan dalam menjalani hubungan jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pola komunikasi keluarga yang digunakan oleh mahasiswa UAJY yang berasal dari Medan dalam menjalani hubungan jarak jauh adalah pola komunikasi keluarga pluralistik. Dalam hal ini, mahasiswa dan orang tua melakukan percakapan atau komunikasi dan lebih memberikan kesempatan pada anak-anak untuk mengutarakan pendapat dan menyampaikan ide masing-masing. Selain itu, media yang digunakan dapat berupa saling berkirim pesan singkat, komunikasi melalui telepon dan juga terkadang melakukan video call. Dalam menjalani hubungan jarak jauh dengan orang tua, mahasiswa UAJY yang berasal dari Medan juga memiliki kendala masing-masing. Kendala tersebut adalah waktu untuk melakukan komunikasi karena kesibukan masingmasing pihak, pulsa saat berkomunikasi dan sinyal saat melakukan komunikasi melalui media seperti whatsapp.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Keluarga, Pola Komunikasi Keluarga, Hubungan Jarak Jauh
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 11:08
Last Modified: 24 Apr 2018 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14512

Actions (login required)

View Item View Item