Pengaruh Kredibilitas Endorser terhadap Brand Image Produk Fashion Online Shop dalam Mempengaruhi Minat Beli Konsumen (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Kredibilitas Awkarin sebagai Endorser Dorje pada Followers dalam Akun Instagram @awkarin)

Pratama, Stanislaus Pikatan Paksi (2018) Pengaruh Kredibilitas Endorser terhadap Brand Image Produk Fashion Online Shop dalam Mempengaruhi Minat Beli Konsumen (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Kredibilitas Awkarin sebagai Endorser Dorje pada Followers dalam Akun Instagram @awkarin). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Stanislaus Pikatan Paksi Pratama)
KOM04551.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pada saat ini Instagram telah berkembang yang semula sebagai media sosial untuk berbagi suatu posting foto menjadi salah satu media sosial yang potensial untuk memasarkan suatu brang dan jasa. Pemasaran suatu barang dan jasa pada Instagram jika ingin menyasar pada target yang dituju maka digunakanlah peran suatu sosok yang memiliki pengaruh yang kuat sebagai endorser. Endorser ini biasa disebut sebagai selebgram atau selebritis Instagram pada media sosial Instagram. Salah satu selebgram yang banyak digunakan sebagai endorser para pelaku usaha online shop, salah satunya yaitu clothing brand Dorje adalah Karin Novilda yang lebih dikenal dengan nama Awkarin. Dengan total jumlah pengikut atau followers pada akun Instagramnya yaitu @awkarin mencapai 2,3 juta pengikut, Awkarin lebih dulu dikenal sebagai seorang selebgram yang mempunyai image negatif menurut khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas Awkarin sebagai endorser terhadap brand image produk fashion online shop Dorje dapat mempengaruhi minat beli konsumen pada followers akun Instagram Awkarin Metode dalam penelitian penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dengan sampel berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan salah satu teknik dari sampel probabilitas yaitu judgemental sampling. Teknik ini mempertimbangan pemilihan populasi sampling berdasarkan pertimbangan atau kriteria dari peneliti (Malhotra, 2010:366). Pertimbangan atau kriteria bagi responden adalah memiliki dan menggunakan Instagram serta followers akun Instagram @awkarin. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kredibilitas Awkarin sebagai endorser terhadap brand image brand Dorje dan dapat mempengaruhi minat beli followers akun Instagram @awkarin. Terdapat pengaruh yang signifikan pada kredibilitas endorser (X) terhadap brand image (Z) dengan nilai Sig lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 dan nilai R dalam kategori tinggi yaitu 0,725. Serta pengaruh yang signifikan pada pengaruh brand image (Z) terhadap minat beli (Y) dengan nilai Sig lebih rendah dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 dan nilai R dalam kategori tinggi yaitu 0,748. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi pada kredibilitas Awkarin sebagai endorser terhadap brand image brand Dorje yang kemudian mempengaruhi rendahnya minat beli responden followers @awkarin..

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Endorser, Brand Image, Minat Beli
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2018 13:03
Last Modified: 24 Apr 2018 13:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item