PERSEPSI SISWA TUNA GRAHITA PADA DAYA TARIK IKLAN TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Siswa Tuna Grahita pada Daya Tarik Iklan Televisi “Peduli Kasih Indosiar” di SMA SLB-C Karya Bhakti Purworejo)

Kristiantoro, Dominicus Aji (2018) PERSEPSI SISWA TUNA GRAHITA PADA DAYA TARIK IKLAN TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Persepsi Siswa Tuna Grahita pada Daya Tarik Iklan Televisi “Peduli Kasih Indosiar” di SMA SLB-C Karya Bhakti Purworejo). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Dominicus Aji Kristiantoro)
KOM04668.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Peduli Kasih merupakan salah satu program milik PT Indosiar Visual Mandiri yang memiliki tujuan khusus mengetuk hati pemirsa untuk membantu masyarakat kurang mampu. Peduli Kasih menggunakan televisi untuk menyampaikan pesan agar mudah ditangkap audience. Iklan yang ditonton oleh audience dapat membentuk gambaran atau persepsi. Audience pada penelitian ini merupakan siswa difabel khususnya penyandang tuna grahita yang memiliki kemampuan berpikir berbeda dengan audience normal. Penelitian ini ingin melihat bagaimana persepsi siswa difabel pada iklan televisi Peduli Kasih Indosiar. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dimana manusia dibekali kemampuan berpikir secara aktif, berperasaan, dan dapat memahami simbol beserta maknanya dari rangsangan yang diterima. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Obyek penelitian ini adalah iklan televisi Peduli Kasih Indosiar dan subyek penelitian ini adalah siswa Tuna Grahita SMA SLB-C Karya Bhakti Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan disajikan dalam kalimat yang runtut sehingga mudah dipahami. Untuk mendapatkan data secara valid penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian adalah narasumber memiliki perspesi yang berbeda namun ada juga beberapa yang mirip atau sama. Persepsi narasumber terhadap pesan yaitu Masih banyak orang sakit, tolong menolong, dan memberi bantuan. Persepsi narasumber terhadap tokoh/figur yaitu orang-orang yang sakit, orang-orang yang menyedihkan, dan orang-orang yang perlu dikasihani. Persepsi narasumber terhadap warna yaitu warna gelap dan hitam menggambarkan kesedihan sertamembuat suatu objek menjadi gelap, sedangkan warna terang menggambarkan orang-orang yang ada pada iklan tersebut harus diberi terang dalam hidupnya. Persepsi narasumber terhadap musik/lagu yaitu lagu yang sedih, menyentuh hati, dan galau. Persepsi narasumber secara umum tentang iklan Peduli kasih indosiar yaitu kesedihan dan orang-orang yang membutuhkan. Pembentukan makna atau pada penelitian ini persepsi dipengaruhi moleh 3 konsep yaitu pertama Mind (pikiran),Self (diri), dan society (masyarakat). Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembentukan persepsi pada penelitian ini adalah ciri khas individu/narasumber, taraf kecerdasan atau dalam penelitian ini adalah klasifikasi tuna grahita, pengaruh kelompok, kebiasaan narasumber.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, audience, difabel, tuna grahita, iklan, Peduli Kasih Indosiar
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:46
Last Modified: 25 Apr 2018 08:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14520

Actions (login required)

View Item View Item