PRODUKSI PESAN PADA KELAS BAHASA ISYARAT DI SEKOLAH SEMANGAT TULI YOGYAKARTA

ANINDITA, DESIDERIA KANIA (2018) PRODUKSI PESAN PADA KELAS BAHASA ISYARAT DI SEKOLAH SEMANGAT TULI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (DESIDERIA KANIA ANINDITA)
KOM04877.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki studi kasus dalam produksi pesan pada kelas bahasa isyarat di Sekolah Semangat Tuli Yogyakarta. Namun sebelumnya peneliti akan membahas mengenai konteks penelitian, yakni komunikasi instruksional sebagai proses komunikasi yang dipola dan dirancang secara khusus untuk mengubah prilaku sasaran dalam komunitas tertentu ke arah yang lebih baik (Yusuf 2010, h. 2). Komunikasi intruksional sebagai konteks penelitian akan mengambil objek penelit ia n pada kelas pembelajaran bahasa isyarat di Sekolah Semangat Tuli Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif metode penelit ia n studi kasus. Studi kasus peneliti pilih karena konteks komunikasi instruksional yang ada adalah pada konteks kelas informal. Peneliti ingin menganalisis secara intensif mengenai fenomena yang ada di kelas bahasa isyarat (Cohen & Manion dalam Baxter 2006, h. 104-105). Sekolah Semangat Tuli Yogyakarta memiliki murid yang berasal dari teman Dengar dan guru yang mengajar adalah Tuli, merupakan suatu keunikan yang peneliti lihat disini. Terminologi Tuli merupakan kata yang digunakan untuk orang yang tidak mendengar dan Dengar merupakan kata yang digunakan untuk orang yang mendengar. Pada penelitian ini, peneliti akan berfokus pada pesan sebagai materi pembelajaran yang disampaikan dalam kelas bahasa isyarat. Richmond, Wrench, dan Gorham (2009, h. 4) mengungkapkan bahwa proses komunikasi instruksional di awali oleh guru yang akan merancang pesan pembelajaran dan menentukan isi pesan yang ingin disampaikan. Penelitian ini menemukan bahwa proses komunikasi instruksional dalam kelas bahasa isyarat di Sekolah Semangat Tuli Yogyakarta memiliki lima komponen seperti yang diungkapkan oleh Richmond, yaitu guru sebagai komunikator, bahan ajar sebagai pesan, langkah mengajar sebagai strategi instruksional, murid sebagai komunikan dan mengukur pemahaman dan evaluasi murid sebagai umpan balik. Pada produksi pesan, tahapan yang dimiliki oleh Sekolah Semangat Tuli adalah pemilihan dan penentuan materi bahan ajar, penyesuaian bahasa isyarat materi bahan ajar dengan bahasa isyarat Yogyakarta, penyusunan materi bahan ajar dalam tiap topik pembelajaran, simulas i untuk berlatih dan menyamakan makna bahan ajar, serta pengkajian ulang bahasa isyarat dan bahan ajar. Produksi pesan menjadi penting karena materi bahasa isyarat yang ada perlu disesuaikan dengan murid yang merupakan teman Dengar dan juga perlu disesuaikan dengan bahasa isyarat Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Produksi Pesan, Komunikasi Instruksional, Bahasa Isyarat
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:58
Last Modified: 25 Apr 2018 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14522

Actions (login required)

View Item View Item