STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF TRANSPORTASI ONLINE GRAB YOGYAKARTA DALAM MENJARING MITRA

PUTRIKARISA, ELISABETH NATASHA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF TRANSPORTASI ONLINE GRAB YOGYAKARTA DALAM MENJARING MITRA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ELISABETH NATASHA PUTRIKARISA)
KOM04960.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Transportasi online pada jaman ini sedang digemari oleh masyarakat. Tidak terkecuali Grab sebagai platform yang menawarkan transportasi online, memperluas jaringan layanannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Grab Yogyakarta mempunyai kegiatan untuk menjaring mitra. Dalam kegiatan tersebut terdapat tindakan komunikasi dengan konteks mengajak dan membujuk calon mitra agar mau bergabung di Grab. Tindakan komunikasi yang direncanakan tersebut kemudian dimaknai sebagai strategi komunikasi persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi persuasif Grab Yogyakarta dalam melakukan kegiatan menjaring mitranya. Pada penelitian ini dijelaskan strategi komunikasi persuasif dilakukan oleh Partner Acquisitioin Team dalam menjaring mitra Grab dengan calon mitranya. Teori yang digunakan meliputi strategi persuasif yang dikemukakan oleh Melvin L. De Fleur dan Sandra J. Ball-Roceach (dalam Soemirat dan Suryana, 2012, h. 8.29-8.43) meliputi Strategi Persuasif Psikodinamika, Strategi Persuasif SosioKultural, dan Strategi Persuasif The Meaning Construction. Dalam strategi komunikasi persuasif mencakup beberapa komponen komunikasi persuasif seperti unsur-unsur, teknik-teknik, dan faktor pendukung. Komponen unsur meliputi persuader, persuadee, pesan persuasif, saluran persuasif, dan lingkungan persuasif (Soemirat dan Suryana, 2012, h. 2.25-2.44). Komponen teknik meliputi teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik redherring (Effendy, 1986, h. 28-31). Sedangkan komponen faktor pendukung meliputi kejelasan tujuan dan memahami karakter persuadee dengan tujuh klasifikasi yang dipaparkan (Soemirat dan Suryana, 2012, h. 1.27-1.30). Pada penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa Partner Acquisitioin Team menggunakan ketiga strategi persuasif. Strategi persuasif yang sering digunakan adalah Strategi Persuasif Psikodinamika. Terdapat temuan baru bahwa keberhasilan Partner Acquisition Team dalam mempersuasi calon mitra adalah dengan mempunyai kemampuan personal representative dan product knowledge. Partner Acquisition Team Grab Yogyakarta menggunakan empat teknik komunikasi persuasi meliputi: Teknik Asosiasi, Teknik Ganjaran, Teknik Tataan, dan Teknik Red-herring. Teknik komunikasi persuasif yang dominan atau paling sering digunakan oleh Partner Acquisition Team adalah Teknik Ganjaran (pay-off technique) dan Teknik Tataan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Transportasi Online, Menjaring Mitra, Strategi Komunikasi Persuasif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2018 09:03
Last Modified: 25 Apr 2018 09:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item