PENGARUH TAYANGAN VIDEO AWKARIN DI YOUTUBE (Penelitian Eksperimental Sikap Siswi Asrama Putri SMA Sedes Sapientiae Bedono)

P, AGNES FRISKA CYNTIA (2018) PENGARUH TAYANGAN VIDEO AWKARIN DI YOUTUBE (Penelitian Eksperimental Sikap Siswi Asrama Putri SMA Sedes Sapientiae Bedono). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AGNES FRISKA CYNTIA P)
KOM05002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

berkembangnya media baru seperti YouTube dan media sosial menjadi sarana alternatif bagi audiens untuk memperoleh informasi. YouTube merupakan sebuah situs web video. Saat ini YouTube sebagai salah satu bentuk media baru yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan khalayak memperoleh informasi dari situs ini. Para pengguna dapat melakukan sharing (berbagi video) dengan pengguna lainnya. Pengguna juga dapat memuat, menonton, berbagi klip video secara gratis. Bahkan pengguna dapat mengunggah video pribadi mereka. Penonton YouTube mulai menyadari hal-hal yang dapat ditemukan di situs ini, banyak gamers dan blogger yang kemudian memanfaatkan situs ini kesempatan untuk mencari nafkah dengan mudah dengan membuat video dan mengunggahnya ke YouTube. Dengan mengunggah video ke YouTube dan menerima pendapatan dari iklan dan dukungan. Para pengguna YouTube tidak hanya berasal dari kalangan artis tetapi juga masyarakat awam. Salah satunya yang berhasil memanfaatkan adalah Karin Novilda atau yang akrab disapa Awkarin. Fenomena ini menjadi menarik bagi peneliti karena video unggahan Awkarin yang menuai kontroversi justru dianggap keren dan kemudian diikuti oleh sebagian remaja. Variabel dalam penelitian ini adalah pengaruh tayangan video Awkarin di YouTube (variabel X) dan sikap siswi asrama putri SMA Sedes Sapientiae Bedono. (variabel Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimental. Penelitian ini juga menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian serta dibantu dengan video Awkarin episode Karin dan Gaga. Populasi dalam penelitian sebanyak 53 siswi dan jumlah sampelnya adalah 20 responden siswi kelas XI yang diambil sesuai dengan kriteria. Peneliti mengambil sampel siswi Asrama Putri SMA Sedes Sapientiae Bedono mengingat bahwa para siswi asrama tidak intens menggunakan media elektronik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired t-test yakni dengan membandingkan keadaan sebelum dan setelah menonton dan regresi untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap Y. Setelah itu peneliti akan menjabarkannya dalam bentuk penjelasan disertai grafik. Hasil dari penelitian, aspek motif penggunaan media lebih dominan mempengaruhi daripada lama waktu penggunaan media yang diukur melalui aspek frekuensi, durasi dan atensi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: terpaan media, relationship goals, Awkarin
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2018 10:28
Last Modified: 25 Apr 2018 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14525

Actions (login required)

View Item View Item