KOMPETISI SURAT KABAR LOKAL BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN BIRO IKLAN PADA LAYANAN JASA MEDIA SURAT KABAR (Kompetisi Kedaulatan Rakyat, Radar Jogja, Bernas Jogja, Kompas Jogja, Harian Jogja Berdasarkan Perhitungan Superiority Direction dan Superiority Magnitude pada Anggota PPPI DIY)

Prasetiya, L. Juni Andi (2011) KOMPETISI SURAT KABAR LOKAL BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN BIRO IKLAN PADA LAYANAN JASA MEDIA SURAT KABAR (Kompetisi Kedaulatan Rakyat, Radar Jogja, Bernas Jogja, Kompas Jogja, Harian Jogja Berdasarkan Perhitungan Superiority Direction dan Superiority Magnitude pada Anggota PPPI DIY). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02720.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02720.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02720.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02720.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02720.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kompetisi yang terjadi dalam industri media cetak, yaitu surat kabar. dalam industri surat kabar terjadi persaingan antara media, pengiklan dan audiens. Kepuasan pengiklan menjadi tolok ukur sebuah media untuk dianggap efektif. Kepuasan pengiklan terpapar dalam teori uses and gratification, dan menggunakan 5dimensi kebutuhan biro iklan terhadap layanan jasa surat kabar, yaitu dimensi reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Variabel pada gratification sought yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Sedangkan variabel untuk gratification obtained yaitu kepuasan reliabilitas, kepuasan daya tanggap, kepuasan jaminan, kepuasan empati dan kepuasan bukti fisik. Untuk menganalisa kompetisi surat kabar, digunakan perhitungan competitive superiority yang didesign untuk menjawab media mana yang menghasilkan kepuasan terbesar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetisi 5 surat kabar lokal di Yogyakarta melalui perhitungan superiority direction. Dari kompetisi yang terjadi, untuk mengetahui peringkat surat kabar mana yang paling superior menggunakan perhitungan superiority magnitude. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, sehingga kuesioner menjadi instrumen pokok pengumpulan datanya dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari responden dari sebuah populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa biro iklan anggota PPPI DIY belum merasakan kepuasan terhadap layanan jasa surat kabar lokal di Yogyakarta. Hal tersebut didasarkan pada belum terpenuhinya harapan kepuasan yang dicari pada dimensi-dimensi perusahaan jasa tersebut. Dari perhitungan superioritas dapat disimpulkan bahwa peringkat kepuasan diduduki oleh Harian Jogja, kemudian Kompas Jogja, Kedaulatan Rakyat, Bernas Jogja, dan terakhir Radar Jogja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetisi, gratification sought, gratification obtained, superiority direction, superioritymagnitude
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 May 2013 13:21
Last Modified: 16 May 2013 13:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item