STRUKTUR JARINGAN KOMUNIKASI PADA SUPORTER PERSERIKATAN SEPAK BOLA SLEMAN (PSS) (Studi Analisis Jaringan Komunikasi pada Divisi Koreografi Brigata Curva Sud (BCS) sebagai Suporter PSS)

PUSPITA, MARIA INDAH (2018) STRUKTUR JARINGAN KOMUNIKASI PADA SUPORTER PERSERIKATAN SEPAK BOLA SLEMAN (PSS) (Studi Analisis Jaringan Komunikasi pada Divisi Koreografi Brigata Curva Sud (BCS) sebagai Suporter PSS). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Maria Indah Puspita)
KOM04949.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Analisis Jaringan Komunikasi merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengetahui struktur komunikasi pada kelompok. Riset yang menggunakan metode Analisis Jaringan Komunikasi bertujuan untuk mengidentifikasi pola jaringan komunikasi dan struktur komunikasi ini, sehingga dapat dipahami gambaran besar interaksi manusia dalam sebuah sistem. Divisi koreografi Brigata Curva Sud merupakan kelompok dalam Brigata Curva Sud yang pada dasarnya tidak memiliki struktur organisasi. Namun demikian, Brigata Curva Sud mampu meraih prestasi sebagai suporter terbaik di Asia. Analisis Jaringan Komunikasi melihat pola berdiskusi divisi koreografi Brigata Curva Sud dalam menciptakan koreografi dibalik kesuksesan Brigata Curva Sud. Metode yang digunakan adalah metode Analisis Jaringan Komunikasi dengan cara menyebarkan kuesioner roster. Setelah itu penggambaran dan pengolahan data dilakukan menggunakan software UCINET VI. Hasil penelitian ini ialah divisi koreografi Brigata Curva Sud memiliki pola komunikasi berbentuk bintang. Selain itu dalam divisi koreografi Brigata Curva Sud, seorang anggota yang juga koordinator tidak resmi turut memegang beberapa peran dalam kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Jaringan Komunikasi, Peran, Struktur Organisasi, Analisis Jaringan Komunikasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 May 2018 09:11
Last Modified: 21 May 2018 09:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item