EFEKTIVITAS FITUR GO-FOOD SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KULINER “DIRTY CHICKS” BERDASARKAN PENGHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX PADA PENGGUNA FITUR GO-FOOD

Setyantika, Yulia Evalina Lopez (2018) EFEKTIVITAS FITUR GO-FOOD SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KULINER “DIRTY CHICKS” BERDASARKAN PENGHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX PADA PENGGUNA FITUR GO-FOOD. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Yulia Evalina Lopez Setyantika)
KOM04975.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi khususnya dengan adanya smartphone dan berbagai aplikasi, membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menawarkan kemudahan bagi masyarakat terlebih dalam bidang komunikasi pemasaran. Salah satu media digital yang turut menunjang komunikasi pemasaran bagi para pelaku bisnis adalah mobile apps GoJek, sudah di unduh lebih dari 15 juta kali oleh user melalui Google Play. Salah satu fitur Go-Jek yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bagi usaha kuliner yang bermitra, yaitu Go-Food, mengajak mitranya untuk melakukan aktivitas promosi dengan memanfaatkan medianya yang berbasis aplikasi. Pada awal bulan Januari 2016 jumlah pemesanan Go-Food perhari mencapai 200.000 pesanan, jumlah tersebut terus meningkat melihat perusahaan Go-Jek terus berkembang kurang lebih pada 50 kota besar di Indonesia. Salah satu usaha kuliner yang bermitra dengan Go-Food yaitu Dirty Chicks yang sudah mendirikan kurang lebih 15 cabang di area Kota Yogyakarta dengan realita bahwa salah satu cabang dengan jumlah order melalui Go-Food lebih banyak dari pada order take away langsung oleh konsumen, yaitu outlet Ruko Gatic Jalan Perumnas, oleh karena itu outlet tersebut diambil menjadi objek dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas fitur Go-Food yang digunakan sebagai media promosi oleh Dirty Chicks, dengan melihat realita yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuanitatif, dengan perolehan data berupa angka maupun grafik, dan menggunakan penghitungan CRI yang dimodifikasikan dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Pada hasil akan dipaparkan hasil penghitungan efektivitas fitur Go-Food sebagai media promosi usaha kuliner “Dirty Chicks”. Hasil penelitian berdasarkan penghitungan CRI yang dimodifikasikan dengan model AISAS untuk melihat perilaku konsumen dari empat model atau empat kategori. Model pertama adalah AISAS dengan nilai respon 46%, model AIS dengan nilai respon 58%, model AIA dengan nilai respon 60%, dan model AISS dengan nilai respon 54%. Hasil penghitungan keempat model tersebut menunjukkan kesimpulan bahwa fitur Go-Food efektif digunakan untuk melakukan promosi khususnya bagi usaha kuliner “Dirty Chicks” karena hasil penghitungan CRI menunjukkan nilai yang lebih besar dari pada komponenkomponen pada dimensi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Fitur Go-Food sebagai Media Promosi, penghitungan CRI, model AISAS
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jul 2018 09:17
Last Modified: 11 Jul 2018 09:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15093

Actions (login required)

View Item View Item