KOMUNIKASI LINGKUNGAN DAN CORPORATE IDENTITY (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Aktivitas Komunikasi Lingkungan dalam Membentuk Identitas Kalepines Yogyakarta)

WARDHANI, BONITA KUSUMA (2018) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DAN CORPORATE IDENTITY (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Aktivitas Komunikasi Lingkungan dalam Membentuk Identitas Kalepines Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BONITA KUSUMA WARDHANI)
KOM05195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Setiap organisasi dapat melakukan berbagai macam hal demi membentuk identitas kepada publik. Tujuannya adalah agar publik mampu membedakan antara satu organisasi terhadap organisasi lainnya. Proses pembentukan identitas atau corporate identity dilakukan baik dari segi visual atau tampilan luar maupun secara non-visual yang dalam hal ini adalah tetap melalui komunikasi. Aktivitas komunikasi khususnya komunikasi lingkungan dipraktikkan di dalam Kalepines sehingga dalam pembentukan identitasnya, aspek komunikasi lingkungan menjadi aspek penting yang digunakan oleh organisasi ini dalam rangka membentuk identitas yang ingin diperlihatkan kepada publik. Penelitian ini merupakan penelitian kualititaif yang bersifat deskriptif dengan metode wawancara mendalam demi mengumpulkan data. Data penelitian yang peneliti peroleh merupakan hasil wawancara dengan pihak Kalepines Yogyakarta dan pengumpulan dokumen-dokumen perusahaan yang berkaitan dengan data penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat upaya pembentukan identitas yang dilakukan oleh perusahaan. Pembentukan corporate identity dapat dilihat mulai dari adanya visi dan misi perusahaan, kemudian mengerucut pada konsep pembuatan nama yang kemudian diikuti oleh pembuatan logo hingga tagline. Ketiga proses komunikasi untuk memperkenalkan identitas Kalepines yang dilakukan dengan cara memanfaatkan media sosial Instagram, hingga mengikuti pameran dagang bertaraf internasional. Sebagai perusahaan yang peduli akan kelestarian lingkungan, Kalepines berkreasi menciptakan produk yang dibuat dari bahan daur ulang, mengadakan workshop yang bertujuan untuk mengedukasi tentang kesadaran terhadap lingkungan serta diadakannya pameran seni yang mengangkat tema tentang alam dan lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Identitas, Corprate Identity, Komunikasi Lingkungan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:06
Last Modified: 12 Jul 2018 08:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

View Item View Item