PENGARUH TINGKAT KEPUASAN FACEBOOK FANPAGE E-COMMERCE TERHADAP LEVEL OF ENGAGEMENT (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Kepuasan Pada Facebook Fanpage Elevenia Terhadap Level of Engagement para Pengikut Akun Facebook Fanpage Elevenia Periode Bulan Januari - Juli 2017)

Hamungkasi, Rayi (2018) PENGARUH TINGKAT KEPUASAN FACEBOOK FANPAGE E-COMMERCE TERHADAP LEVEL OF ENGAGEMENT (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Kepuasan Pada Facebook Fanpage Elevenia Terhadap Level of Engagement para Pengikut Akun Facebook Fanpage Elevenia Periode Bulan Januari - Juli 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RAYI HAMUNGKASI)
KOM047111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet membawa dampak pertumbuhan e-commerce yang semakin ketat. CnnIndonesia.com menyatakan terdapat 3 e-commerce yang memimiliki persaingan ketat yaitu Lazada, Tokopedia, dan Elevenia. Elevania menggunakan media sosial dapat melakukan aktivitas pemasaran.Media sosial memiliki dampak uses and gratification sebagai efek sekunder (Nurudin, 2007:206). Dalam akun fanpage Elevenia terjadi komunikasi interksional atau fenomena engagement yang menekankan proses komunikasi dua arah. Engagement memiliki banyak definisi, mulai dari bentuk keterlibatan dalam menanggapi sebuah pesan, seperti memberikan like, comment, dan share sebuah konten dari sebuah brand fanpage Facebook (Dahl 2015:154). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan pada facebook fanpage Elevenia terhadap level of engagement para follower media sosial facebook fanpage Elevenia. Metode dalam penelitian penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dengan sampel follower facebook fanpage Elevenia yang sesuai kriteria berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada tingkat kepuasan pada facebook fanpage elevenia (X) terhadap level of engagement pengikut akun facebook fanpage elevenia (Y). Hal ini berdasarkan hasil uji regresi linear yang menunjukkan nilai R sangat rendah yaitu 0,025, serta nilai Sig lebih besar dari angka probabilitas yaitu 0,805>0,05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa follower facebook fanpage Elevenia hanya memiliki ketertarikan pada Elevenia, dan tidak tertarik untuk melakukan pembayaran dan memberikan anjuran kepada orang lain untuk menggunakan Elevenia. Elevenia disarankan untuk meningkatkan kualitas konten yang bersifat menghibur misalnya membuat konten hiburan yang lebih lucu, konten permainan lebih ditingkatkan kreatifitasnya serta menambah keberagaman konten video. Elevenia juga disarankan untuk membuat strategi baru dalam meningkatkan performa facebook fanpage Elevenia. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan facebook fanpage Elevenia yana dapat melepaskan ketegangan stress para pengikut melalui topik-topik pada facebook fanpage Elevenia,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Facebook Fanpage, Level of Engagement, Kepuasan Media SosialFacebook Fanpage, Level of Engagement, Kepuasan Media Sosial
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jul 2018 08:05
Last Modified: 13 Jul 2018 08:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15115

Actions (login required)

View Item View Item