POLA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PADA PROSES PENYELENGGARAAN KULIAH KERJA NYATA 71 UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kepemimpinan Asisten Koordinator Lapangan kepada Asisten Dosen Pembimbing Lapangan)

VENESYA, VENESYA (2017) POLA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN PADA PROSES PENYELENGGARAAN KULIAH KERJA NYATA 71 UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kepemimpinan Asisten Koordinator Lapangan kepada Asisten Dosen Pembimbing Lapangan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (VENESYA)
KOM04775.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi kepemimpinan Askorlap kepada ADPL pada proses penyelenggaraan KKN 71 UAJY. Askorlap dan ADPL merupakan dua pihak yang memegang peranan penting dalam keberlangsungan penyelenggaraan KKN 71 UAJY. Pada praktek kesehariannya, komunikasi digunakan oleh Askorlap yang bertindak sebagai pemimpin untuk mengarahkan, membimbing, dan mengontrol ADPL sebagai bawahannya. Alur komunikasi yang jelas dan terstruktur dalam LPPM UAJY juga diterapkan oleh Askorlap kepada ADPL sehingga membentuk adanya aturan atau norma dalam proses komunikasi kepemimpinan yang berlangsung. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus yang akan menggambarkan situasi dan menjelaskan secara komprehensif mengenai pola komunikasi kepemimpinan enam orang Askorlap kepada dua puluh tiga orang ADPL dalam penyelenggaraan KKN 71 UAJY. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi dalam kegiatan-kegiatan koordinasi yang dilakukan dan wawancara mendalam terhadap keenam subjek penelitian yang dilakukan di lingkungan kantor LPPM UAJY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola yang terbentuk dalam komunikasi kepemimpinan Askorlap kepada ADPL, yaitu pola roda dan pola seluruh saluran. Pola roda terbentuk dalam komunikasi jaringan formal yang menjadikan Askorlap sebagai pusat atau sentral dalam proses koordinasi. Sedangkan pola seluruh saluran diterapkan dalam komunikasi jaringan informal yang dipraktikan dalam pertemuan khusus wilayah serta koordinasi dalam grup melalui aplikasi chatting yang bersifat lebih fleksibel. Polapola komunikasi yang terbentuk tersebut tidak seketika terjadi begitu saja namun memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing yang didasarkan pada konsep, karakteristik dan perilaku kepemimpinan yang dimiliki oleh masing-masing Askorlap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pola komunikasi, kepemimpinan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:06
Last Modified: 03 Aug 2018 08:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item