Komponen dan Faktor Pembentuk Konsep Diri Duta wisata sebagai Duta Wisata dan Komunikator (Studi Kasus pada Duta Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jombang)

Lestari, Niken Ika (2017) Komponen dan Faktor Pembentuk Konsep Diri Duta wisata sebagai Duta Wisata dan Komunikator (Studi Kasus pada Duta Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jombang). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Niken Ika Lestari)
KOM04588.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komponen dan faktor pembentuk konsep individu yang berperan sebagai duta wisata dan memiliki tugas sebagai komunikator Dinas Kebudayaan dan Pariwisisata Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena berusaha menggambarkan bagaimana komponen dan faktor pembentuk konsep diri duta wisata Jombang sebagai duta wisata dan sebagai komunikator. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan menggunakan teknik pengumpulan data berupa in-depth interview. Dengan Teknik tersebut data yang diperoleh akan semakin banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri duta wisata sebagai duta wisata berupa attitude (sikap), Belief (keyakinan) dan value (nilai). Sikap terdiri dari ramah, sopan, memiliki etika dan suka bercanda. Keyakinan terdiri dari memiliki wawasan tentang pariwisata, menguasai beberapa bahasa, aktif kegiatan, memiliki ketrampilan komunikasi, dapat menggunakan busana daerah, dapat menari tradisional, dapat bernyanyi, dapat bermain alat musik, memiliki pengetahuan umum dan dapat menempatkan diri. Sedangkan nilai meliputi penampilan menarik, serius, dewasa, bertanggung jawab, pekerja keras, sabar, sebagai contoh tidak percaya diri jika materi bukan bidangnya, cenderung perfectionist, tidak percaya diri karena tubuh yang gemuk dan warna kulit gelap, disiplin, memiliki empati, menjadi diri sendiri. Faktor – faktor yang membentuk konsep diri duta wisata adalah keluarga, teman, organisasi dan diri sendiri. Hasil konsep diri duta wisata sebagai komunikator terdiri dari memiliki tugas sebagai juru bicara atau penyampai pesan, memiliki penampilan menarik, terampil berkomunikasi, sikap baik, berwawasan dan pintar. Kesimpulan dari penelitian ini berupa komponen konsep duta wisata menggambarkan sikap, keyakinan dan nilai yang melekat pada duta wisata. Komponen konsep diri tersebut juga terkait dengan ethos, pathos, logos karena duta wisata memiliki tugas sebagai komunikator. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran peneliti bagi duta wisata adalah:1) mempertahankan dan mengembangkan konsep diri yang telah sesuai dengan syarat duta wisata. 2) Bagi duta wisata yang memiliki kekurangan seperti kurang percaya diri dapat belajar tentang teknik komunikasi di depan umum untuk melatih kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Duta Wisata, Komunikator
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:13
Last Modified: 03 Aug 2018 08:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item