PENGARUH KUALITAS MAJALAH TERHADAP CITRA ORGANISASI (Kasus pada Majalah Berita Mimbar dan Citra Yayasan Berita Hidup Surakarta)

KUMAMBONG, LAURA ELISABETH (2017) PENGARUH KUALITAS MAJALAH TERHADAP CITRA ORGANISASI (Kasus pada Majalah Berita Mimbar dan Citra Yayasan Berita Hidup Surakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (LAURA ELISABETH KUMAMBONG)
KOM04858.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Komunikasi dalam suatu organisasi merupakan aspek yang penting dalam menanamkan nilai, citra, dan kepercayaan kepada setiap karyawan. Selain komunikasi di dalam organisasi sendiri, diperlukan komunikasi dengan publik sehingga suatu organisasi memerlukan seorang Public Relations (PR) yang turut bekerja di dalamnya. Dalam membina hubungan yang baik dengan publik, suatu organisasi yang diwakili oleh PR dapat memanfaatkan media cetak.Yayasan Berita Hidup memanfaatkan majalah Berita Mimbar sebagai media komunikasinya. Majalah Berita Mimbar diterbitkan dengan tujuan sebagai media promosi atau iklan organisasi yang nantinya akan membentuk citra organisasi di mata publik. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatif dengan metode kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden yaitu kelompok evangelist dan pendeta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas majalah Berita Mimbar terhadap citra Yayasan Berita Hidup Surakarta, sehingga dapat diketahui kualitas majalah merupakan faktor penting dalam meningkatkan citra organisasi. Selain itu, penelitian ini menambahkan variabel karakteristik individu sebagai variabel kontrol untuk mengetahui seberapa besar pengaruh usia dan jenis kelamin pembaca dalam memberikan penilaian terhadap kualitas majalah dan citra organisasi. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu kelompok evangelist dan pendeta menilai kualitas majalah Berita Mimbar baik. Hal ini terlihat dari komponen penilaian terhadap performance, features, reliability, conformance, durability, serviceability, aesthetics, dan perceived quality majalah yang mengarah pada penilaian yang tinggi dalam kuesioner. Kualitas majalah Berita Mimbar yang baik berpengaruh terhadap citra Yayasan Berita Hidup yang positif dilihat dari aspek personality, reputation, dan value. Selain itu, karakteristik individu (usia dan jenis kelamin) memiliki pengaruh dengan kualitas Majalah Berita Mimbar dan citra Yayasan Berita Hidup, terutama pada pembaca yang berusia dewasa madya (41 – 60 tahun) dan berjenis kelamin perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas majalah, citra organisasi, karakteristik individu.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:27
Last Modified: 03 Aug 2018 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15363

Actions (login required)

View Item View Item