MODEL KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY (CSR) PT. DELTOMED LABORATORIES

PRIHANTIKA, AYUCK (2017) MODEL KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY (CSR) PT. DELTOMED LABORATORIES. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (AYUCK PRIHANTIKA)
KOM05047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model komunikasi CSR PT. Deltomed Laboratories studi kasus program CSR berbasis edukasi. Dalam penelitian ini teori model komunikasi CSR diadopsi peneliti untuk menjadi pedoman dalam memvisualisasikan tahapan komunikasi CSR yang menjadi sebuah sistem konstruksi kemudian disebut dengan model. Model dalam komunikasi CSR adalah gambaran mengenai proses konseptualisasi dan perencanaan strategi komunikasi yang sering juga diadopsi untuk proses perencanaan kampanye dan menjadi dasar pemikiran yang dimasukkan dalam bentuk pertanggungjawaban (Brugger dikutip dalam Walter 2014, h. 71). Model komunikasi CSR merupakan aspek penting untuk dibuat, karena akan mempermudah perusahaan dalam mengantisipasi kegagalan program CSR. Program edukasi menjadi fokus penelitian ini karena PT. Deltomed termasuk perusahaan yang diapresiasi atas perannya yang aktif di bidang kesehatan melalui program CSR, salah satunya adalah program edukasi (Departemen Kesehatan 2011) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan model komunikasi CSR di PT. Deltomed Laboratories dalam program edukasi. Model digambarkan dengan melihat tahapan komunikasi CSR yang dilakukan dalam perumusan program CSR berbasis edukasi dan mengidentifikasi model komunikasi CSR berdasarkan temuan di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus Penelitian ini menemukan ada tiga program CSR berbasis edukasi di PT. Deltomed Laboratories. Ada tiga model komunikasi CSR yang dapat divisualisasikan melalui tahapan komunikasi CSR dalam perumusan ketiga program tersebut. Konsep CSR di perusahaan ini dapat dipahami melalui empat kata kunci yaitu marketing, charity, publisitas dan citra. Dasar pemikiran ini menjadikan praktik CSR disusun secara internal perusahaan, yang artinya dalam menentukan program, komunikasi CSR dijalankan dengan melibatkan stakeholder internal saja. Setelah itu, praktik komunikasi CSR cenderung dilakukan sebagai bentuk pengkomunikasian CSR dengan bentuk komunikasi satu arah. Stakeholder eksternal perusahaan dilibatkan sebagai target sasaran dan target pendukung program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi CSR, Model Komunikasi CSR, stakeholder.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:58
Last Modified: 15 Aug 2018 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item