PROSES KOMUNIKASI PENGAMBILAN KUPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MATA UANG KRIPTO (CRYPTOCURRENCY) (Studi Deskriptif Kualitatif di Kalangan Milenial Yogyakarta)

., YUSAK (2018) PROSES KOMUNIKASI PENGAMBILAN KUPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MATA UANG KRIPTO (CRYPTOCURRENCY) (Studi Deskriptif Kualitatif di Kalangan Milenial Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (YUSAK)
KOM04715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mata uang kripto (cryptocurrency) adalah salah satu instrumen investasi baru yang tengah digemari masyarakat global. Fenomena peningkatan jumlah investor baru mata uang kripto secara eksponensial adalah gambaran mengenai besarnya minat dan antusiasme masyarakat global terhadap mata uang kripto. Minat dan antusiasme masyarakat tersebut muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah faktor komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan hasil penelitian yang ditemukan dilapangan menjadi sebuah deskripsi. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses komunikasi pengambilan keputusan konsumen dalam membeli mata uang kripto. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dilakukan triangulasi terhadap hasil wawancara, observasi, serta litetarur lainnya. Proses komunikasi pengambilan keputusan pembelian mata uang kripto dapat dilihat sebagai proses yang linier. Setiap tahapan dalam pengambilan keputusan pembelian merupakan feedback dari proses komunikasi intrapersonal yang terjadi dalam diri konsumen. Proses komunikasi dimulai dari sumber informasi yaitu teman, berita mata uang kripto, dan channel mata uang kripto di Youtube. Menghasilkan feedback berupa pencarian informasi yang dilakukan melalui media online berupa situs penyedia informasi, forum online, dan jejaring sosial. Menghasilkan feedback berupa evaluasi alternatif terhadap atribut harga, atribut industri, atribut teknologi, atribut developer, atribut investor, dan atribut kapitalisasi. Menghasilkan feedback berupa keputusan pembelian mata uang kripto.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mata uang kripto, proses komunikasi, pengambilan keputusan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 07:55
Last Modified: 05 Sep 2018 07:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item