PRAKTIK RESISTENSI HIDDEN TRANSCRIPT TERHADAP WACANA SEKSUALITAS OLEH FIRDAUS (Lingustik Kritis pada Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El Saadawi)

RAHAJENG, BERTHA SARASWATI (2018) PRAKTIK RESISTENSI HIDDEN TRANSCRIPT TERHADAP WACANA SEKSUALITAS OLEH FIRDAUS (Lingustik Kritis pada Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El Saadawi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BERTHA SARASWATI RAHAJENG)
KOM04866.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wacana seksualitas pada perempuan masih dipandang tabu dalam dunia sosial. Ketabuan mengenai wacana seksualitas ini membawa permasalahan bagi perempuan seperti kesenjangan dan ketidakadilan dalam memperoleh hak-hak ketubuhan. Terutama pada kehadiran pelacur yang masih menjadi kaum marjinal dan disingkirkan. Padahal, dunia sastra hadir sebagai pihak yang sarat akan pesan seksualitas perempuan sebagai hak-hak otonomi tubuh. Salah satunya, perjuangan atas hak seksual perempuan muncul pada novel legenda Perempuan di Titik Nol (PdTN). Tokoh utama pada PdTN – Firdaus – digambarkan sebagai sosok pemberani, cerdas dan tegas, dalam usahanya resisten terhadap wacana seksualitas yang patriaki. Praktik resistensi Firdaus ini merupakan praktik resistensi hidden transcript – dengan sikapnya memilih menjadi pelacur. Kehadiran karya-karya sastra ini mampu mengomunikasikan bahwa pada hakikatnya seksualitas merupakan hak. Alat analisis yang digunakan adalah linguistik kritis. Linguistik kritis hadir dalam menganalisis fenomena sosial yang penuh kesenjangan dan perjuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wacana Seksualitas; Pelacur; Linguistik Kritis; Resistensi Hidden Transcript.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 11:08
Last Modified: 05 Sep 2018 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item