PERKEMBANGAN HUBUNGAN PADA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2017)

PANJAITAN, RENATA SARA JOFANTHA (2018) PERKEMBANGAN HUBUNGAN PADA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (RENATA SARA JOFANTHA PANJAITAN)
KOM05354.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seseorang akan selalu menjalin hubungan antarpribadi dengan orang – orang yang ada di sekitarnya. Hubungan antarpribadi yang terbentuk tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh setiap individu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, khusunya ketika seseorang berada pada lingkungan yang baru. Hubungan antarpribadi tersebut terbentuk dengan melalui beberapa tahapan dimulai dari tahap orientasi, tahap penjajakan afektif, tahap petukaran afektif, hingga pada tahap pertukaran stabil. Tahap orientasi sendiri adalah tahap awal dari suatu hubungan antarpribadi, dimana komunikasi yang dibangun masih dalam tahap struktural. Tahap penjajakan afektif adalah tahap dimana seseorang mulai menemukan kecocokan dengan lawan bicaranya dan hubungan yang dijalin sudah berjalan kepada hubungan yang intim karena komunikasi yang dijalin sudah pada tahap psikologis. Tahap pertukaran afektif adalah tahap dimana kepercayaan sudah ada dalam hubungan tersebut. Tahap yang terakhir yaitu tahap pertukaran stabil, dimana seseorang mampu untuk mempertahankan hubungan antarpribadinya yang sudah intim yang dapat dilihat dari kedua belah pihak menyelesaikan masalah yang ada. Dalam hal ini, penelitian ini ditujukan untuk melihat perkembangan hubungan pada komunikasi antarpribadi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2017. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti menggunakan teknik wawancara secara mendalam. Wawancara ini ditujukan kepada narasumber – narasumber yang telah dipilih sebelumnya sesuai dengan kriteria yang penulis buat, sehingga nantinya jawaban dari narasumber dapat mewakili jawaban dari mahasiswa angkatan 2017 lainnya. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa hubungan antarpribadi yang intim atau akrab telah melewati adanya empat tahap perkembangan hubungan. Pada tahap orientasi dimana keduanya mampu mulai terbuka satu sama lain. Sedangkan pada tahap penjajakan afektif, narasumber telah membangun komunikasi yang lebih jauh yaitu hingga pada tahp psikologis dan juga telah menemukan kecocokan satu sama lain. Pada tahap pertukaran afektif, narasumber telah memiliki rasa percaya kepada lawan bicaranya. Sehingga pada tahap pertukaran stabil, semua narasumber telah mampu mempertahankan hubungan antarpribadi yang dijalin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Hubungan, Komunikasi Antarpribadi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:35
Last Modified: 05 Sep 2018 12:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item View Item