Perencanaan Pesan Persuasif Relawan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kebaya (Studi Kasus dalam Dukungan Sosial kepada Orang Dengan HIV-AIDS di Rumah Singgah LSM Kebaya)

Isani, Bernadeta Agustina Prasetya (2018) Perencanaan Pesan Persuasif Relawan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kebaya (Studi Kasus dalam Dukungan Sosial kepada Orang Dengan HIV-AIDS di Rumah Singgah LSM Kebaya). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (BERNADETA AGUSTINA PRASETYA ISANI)
KOM04881.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perencanaan pesan persuasif Relawan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kebaya pada saat memberikan dukungan sosial kepada ODHA yang tinggal di rumah singgah mereka. Perencanaan pesan persuasif relawan yang ada di dalam dukungan sosial LSM Kebaya termasuk dalam konteks komunikasi interpersonal. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan Teori Rencana yang dikemukakan oleh Berger (dalam Morissan, 2013, h. 180-181). Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan perencanaan pesan persuasif yang dilakukan oleh relawan LSM Kebaya dan mendeskripsikan produk hasil dari perencanaan pesan persuasif tersebut. Tahapan perencanaan pesan persuasif pada penelitian ini akan dianalisis menggunakan konsep yang dikemukakan oleh Brantley dan Miller (2007, 72-78). Sedangkan analisis mengenai produk hasil perencanaan pesan persuasif akan dianalisis menggunakan konsep dari Braithwaite & Schrodt (2014). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pesan persuasif yang ada di LSM Kebaya diberikan oleh relawan kepada ODHA yang tinggal di rumah singgah mereka. Pesan ini bertujuan untuk mengubah perilaku ODHA menjadi sehat. Perencanaan pesan persuasif dilakukan oleh relawana LSM Kebaya. Tahapan yang dilalui oleh relawan LSM Kebaya meliputi mengidentifikasi tujuan, membayangkan persuadee, mengumpulkan informasi pendukung, dan mengorganisasikan pesan. Sedangkan produk hasil perencanaan pesan persuasif masing-masing relawan berupa rencana pesan persuasif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Komunikasi Interpersonal, Perencanaan Pesan Persuasif, Dukungan Sosial
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:44
Last Modified: 05 Sep 2018 12:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item View Item