ISU SOSIAL DALAM MATERI STAND UP COMEDY (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penyampaian Isu Sosial dalam Materi Stand Up Comedy oleh Para Komika)

Manurung, Abed Nego Imanuel (2018) ISU SOSIAL DALAM MATERI STAND UP COMEDY (Studi Deskriptif Kualitatif Proses Penyampaian Isu Sosial dalam Materi Stand Up Comedy oleh Para Komika). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ABED NEGO IMANUEL MANURUNG)
KOM05147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Stand Up Comedy adalah sebuah pertunjukan seni komedi modern. Biasanya, seorang komika berbicara langsung kepada penonton dengan membawa jokes, cerita tersebut diangkat dari keresahan terhadap sekitar. Isu sosial biasanya menjadi keresahan yang dijadikan komika sebagai bahan dasar di dalam materi Stand Up Comedy. Proses penyampaian materi Stand Up Comedy melalui beberapa tahap sehingga menjadi jokes. Isu sosial merupakan hal yang sensitif ketika dibawakan ke dalam materi Stand Up Comedy, namun isu sosial memiliki pesan atau nilai yang ingin disampaikan oleh komika kepada audiens yang dikemas secara komedi. Penelitian ini berfokus mengetahui, bagaimana tahap-tahap yang dilakukan oleh komika ketika menjadika isu sosial materi Stand Up Comedy. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori retorika untuk melakukan analisis terhadap proses penyampaian isu sosial di dalam materi Stand Up Comedy. Penelitian dilakukan di Djendelo Cafe Toko Buku Togas Mas, Gejayan, Yogyakarta, dengan mengambil 3 komika dari komunitas Stand Up Indo Jogja sebagai narasumber. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis Huberman dan Miles. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menyatakan bahwa proses penyampaian isu sosial di dalam materi Stand Up Comedy oleh komika adalah pemilihan premis dan diksi yang tepat. Pemilihan premis dan diksi yang tepat akan membuat audiens mudah memahami apa yang ingin disampaikan. Keresahan yang dialami oleh narasumber berasal dari isu sosial, maka isu sosial dijadikan sebagai bahan materi Stand Up Comedy. Isu sosial memiliki pesan atau nilai yang ingin disampaikan oleh komika. Maka seorang komika dapat memberi pesan isu sosial dengan mencari tawa atau kesan dari audiens.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Penyampaian, isu sosial, stand up comedy, materi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Sep 2018 12:48
Last Modified: 05 Sep 2018 12:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15714

Actions (login required)

View Item View Item