Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Komunikasi Organisasi (Studi Deskriptif pada Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Koperasi Sumekar Yogyakarta)

ASTUTI, FRANSISCA ANNA (2018) Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Komunikasi Organisasi (Studi Deskriptif pada Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Koperasi Sumekar Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (FRANSISCA ANNA ASTUTI)
KOM05309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada gaya komunikasi perempuan yang terjadi dalam komunikasi organisasi di antara pemimpin Koperasi Sumekar dan para anggotanya. apabila gender dihubungkan dengan gaya kepemimpinan, maka akan terlihat adanya sifat tertentu dari sosok perempuan di dalam memimpin sebuah organisasi. Gaya kepemimpinan ini bukan karena adanya perbedaan jenis kelamin, namun lebih mengarah kepada karakteristik maupun sifat dari nilai dan norma yang dibawanya. Hal ini berpengaruh pada cara pemimpin menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan gaya kepemimpinan yang dibawanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pemimpin Koperasi Sumekar berdasarkan 8 (delapan) gaya kepemimpinan (Wayne, 1998:283), dengan menganalisis melalui teori komunikasi organisasi kognitif-afektif menurut Dov Te’eni (2001:256). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pada proses komunikasi organisasi antara pemimpin Koperasi Sumekar dengan anggotanya, menggunakan gaya kepemimpinanan pengembang (developer). Kemudian, pemimpin organisasi juga memiliki sifat multitasking, pandai dalam bernegosiasi, dan pandai menjalin relasi dengan semua orang. Maka, keberhasilan Koperasi Sumekar yang bisa mempertahankan eksistensinya ini tidak lepas dari seseorang yang memimpin didalamnya, walaupun pemimpin mereka adalah seorang perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Perempuan, Komunikasi Organisasi, UMKM, Koperasi Sumekar Yogyakarta,
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:34
Last Modified: 06 Sep 2018 08:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item