PEMANFAATAN TWITTER DALAM KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PAJAK REPUBLIK INDONESIA

PATTIWAEL, ADE AYU PUTRI (2018) PEMANFAATAN TWITTER DALAM KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PAJAK REPUBLIK INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ADE AYU PUTRI PATTIWAEL)
KOM05130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Instansi pemerintah yang berkaitan dengan masyarakat pasti memiliki informasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan harus diberikan kepada masyarakat. Informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik dan diberikan kepada masyarakat merupakan komunikasi dalam ranah komunikasi publik. Salah satu intansi pemerintah yang melakukan komunikasi publik adalah Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (DJP RI). DJP RI dalam melakukan komunikasi publik memanfaatan media sosial twitter untuk mencapai target sasaran yang lebih luas Pada penelitian ini akan dijelaskan mengenai pemanfaatan twitter dalam komunikasi publik DJP RI. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis isi untuk melihat isi pesan, teknik penyusunan pesan, dan interaktivitas yang digunakan pada tweets akun twitter @DitjenPajakRI. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengkodingan terhadap 80 tweets akun twitter @DitjenPajakRI pada periode Januari – Maret 2017. Hasil penelitian menunjukan isi pesan yang dominan muncul adalah isi pesan pajak pusat, yaitu isi pesan tentang kebijakan amnesti pajak. Isi pesan amnesti pajak yang dominan muncul adalah isi pesan tentang informasi-informasi mengenai amnesti pajak. Teknik penyusunan pesan yang dominan adalah teknik penyusunan pesan bersifat informatif dengan deductive order. Selain itu hasil mengenai interaktivitas menunjukan bahwa pada bentuk interaktivitas yang dominan muncul adalah bentuk interaktivitas user to document. Kontrol terhadap arus informasi dipegang oleh admin akun twitter @DitjenPajakRI. Hal ini terlihat dari pemegang kontrol terhadap sumber informasi dan pemegang kontrol terhadap waktu dan pilihan subyek adalah admin akun twitter @DitjenPajakRI.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Publik, Pesan, Interaktivitas, Media Sosial
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:43
Last Modified: 10 Sep 2018 08:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15840

Actions (login required)

View Item View Item