PENGUJIAN PECKING ORDER THEORY DAN TRADEOFF THEORY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1999-2002

Jirwanto, Henry (2004) PENGUJIAN PECKING ORDER THEORY DAN TRADEOFF THEORY TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 1999-2002. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Awal)
MM008770.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB I)
MM008771.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
MM008772.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
MM008773.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
MM008774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
MM008775.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menjalankan berbagai aktivitasnya, suatu perusahaan tentunya membutuhkan sejumlah dana untuk mendukung pelaksanaan aktivitas tersebut. Untuk memperoleh dana tersebut ada beberapa alternatif sumber dana yang bisa digunakan oleh perusahaan. Perusahaan bisa memperoleh sumber pendanaan melalui hutang atau saham. Besarnya komposisi antara hutang dan saham tersebut, tergantung dari kebijakan perusahaan mengenai capital structurenya (struktur modal perusahaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara pecking order theory dan trade-off theory terhadap struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman yang aktif diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Faktor-faktor yang diamati berupa pandangan tradisional dalam teori struktur modal yakni Pecking Order Theory dan Tradeoff Theory. Variabel-variabel tersebut diuji pengaruhnya dengan struktur modal kemudian dilakukan pengujian Penyimpangan Asumsi klasik yang hasilnya Tidak terjadi pelanggaran asumsi klasik yang membahayakan berarti model regresi tersebut memenuhi kriteria BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Sehingga akhirnya didapat hasil pengujian regresi linier berganda membuktikan adanya pengaruh pecking order theory dan tradeoff theory terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini berguna bagi manajemen perusahaan untuk selalu berhati-hati dalam menentukan prioritas sumber dana dalam membiayai operasional perusahaan dan dampak dari penggunaan hutang yang melewati titik tertentu. Untuk menyempurnakan hasil penelitian ini pada masa yang akan datang perlu hendaknya digunakan sampel yang lebih banyak sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada semua sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:52
Last Modified: 25 Oct 2018 02:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item