KARAKTERISASI ISOLAT KAPANG ENDOFIT DOMINAN PADA RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb) SEBAGAI PENGHASIL ANTIOKSIDAN

Ayuningtyas, Anasthasia Cindya (2018) KARAKTERISASI ISOLAT KAPANG ENDOFIT DOMINAN PADA RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb) SEBAGAI PENGHASIL ANTIOKSIDAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Anasthasia Cindya Ayuningtyas)
BL01511.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kapang endofit merupakan mikroba yang hidup pada jaringan tanaman inang yang mampu menghasilkan antioksidan yang mirip atau sama dengan tanaman inangnya. Rimpang temulawak adalah salah satu bagian tanaman yang terdapat kapang endofit dan kaya akan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik isolat kapang endofit dominan pada rimpang temulawak dan mengetahui kemampuannya dalam menghasilkan antioksidan. Isolasi kapang endofit yang terdapat pada rimpang temulawak dilakukan pada medium PDA yang diinkubasi pada suhu 36 0C selama 5 hari, kemudian dilakukan pemurnian pada medium PDA. Karakterisasi isolat kapang endofit dilakukan dengan pengamatan ciri khas kapang secara makroskopik dan mikroskopik. Pengamatan mikroskopik dilakukan dengan metode slide culture serta pewarnaan lactofenol cotton blue. Secara makroskopik yang diamati adalah warna koloni dan bentuk koloni, sedangkan secara mikroskopik yang diamati adalah bentuk konidiofor, konidia, spora, dan fialid. Isolat kapang endofit selanjutnya ditumbuhkan pada medium cair PDB untuk memperoleh filtrat dan biomassa. Ekstraksi dilakukan dengan pelarut etil asetat. Kemampuan dalam menghasilkan antioksidan diuji dengan metode DPPH. Analisis data menggunakan ANOVA dengan tingkat kepercayaan 95% dan uji letak beda nyata antar perlakuan menggunakan Uji Duncan dengan software SPSS 15.0. Jenis kapang endofit yang diperoleh diduga adalah Fusarium spp, Trichoderma spp, Acremonium spp, dan Geotrichum spp. Hasil menunjukkan bahwa filtrat cair dan biomassa isolat KE 5 (Geotrichum spp) merupakan kapang endofit yang menghasilkan antioksidan paling tinggi yaitu 78,46% dan 84,69%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:18
Last Modified: 24 Jan 2019 02:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item