IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT DARI MAKANAN FERMENTASI SINGKONG (GROWOL) TERHADAP Bacillus cereus DAN Morganella morganii

Iskandar, Henry Dharma (2018) IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI ISOLAT BAKTERI ASAM LAKTAT DARI MAKANAN FERMENTASI SINGKONG (GROWOL) TERHADAP Bacillus cereus DAN Morganella morganii. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Henry Dharma Iskandar)
BL01463.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Sebagian besar kejadian gastrointestinal didominasi oleh serangan bakteri patogen, seperti Bacillus cereus maupun Morganella morganii, yang disebarkan melalui perantaraan makanan yang kurang higienis. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki kondisi mikroflora usus. Kondisi mikroflora usus dapat diperbaiki dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri yang memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri patogen di saluran cerna. Salah satu contohnya adalah bakteri asam laktat (BAL). Bakteri asam laktat biasanya terdapat pada makanan fermentasi. Growol merupakan salah satu makanan fermentasi spontan memiliki potensi BAL tetapi kurang dikenal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies BAL yang ada pada growol dengan menggunakan teknik molekuler serta aktivitas antibakterinya. Bakteri asam laktat yang ditemukan pada growol sebanyak 5 isolat yang memiliki ciri Gram positif, nonmotil, dan katalase negatif. Kelima isolat tersebut diamplifikasi gen 16S rRNAnya menggunakan metode PCR dan disekuensing untuk diidentifikasi spesiesnya. Spesies BAL yang terdapat pada growol pada penelitian ini berasal dari Genus Enterococcus (4 isolat merupakan E. faecium dan 1 isolat merupakan E. durans). Sekuens dari kelima isolat yang berhasil diidentifikasi dapat dilihat pada accession number (MH793509 - MH793513). Aktivitas antibakterinya dilakukan dengan menggunakan cell-free supernatants yang dihasilkan BAL dan diujikan ke bakteri patogen Bacillus cereus dan Morganella morganii dengan difusi agar metode sumuran. Kelimanya memiliki kemampuan penghambatan lemah (0-3 mm) terhadap Bacillus cereus (d=2,48 mm) dan Morganella morganii (d=2,68 mm) yang tidak berbeda nyata secara statistik dengan tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:59
Last Modified: 24 Jan 2019 05:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item