EDIBLE COATING PATI UBI JALAR PUTIH (Ipomoea batatas L.) DENGAN MINYAK ATSIRI KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii BI.) UNTUK MENINGKATKAN MASA SIMPAN BUAH TOMAT

Vernanda, Agustina (2018) EDIBLE COATING PATI UBI JALAR PUTIH (Ipomoea batatas L.) DENGAN MINYAK ATSIRI KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii BI.) UNTUK MENINGKATKAN MASA SIMPAN BUAH TOMAT. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
BL015020.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BL015021.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BL015022.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BL015023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
BL015024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BL015025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tomat merupakan buah yang banyak dikonsumsi untuk bahan masakan namun rentan rusak dan memiliki masa simpan yang relatif singkat bila di simpan pada suhu kamar, sehingga diperlukan penanganan pascapanen pada buah tomat agar tahan lebih lama di suhu kamar. Salah satu penanganan pascapanen adalah dengan penmberian edible coating pada tomat tersebut. Pada penelitian ini, bahan utama yang digunakan adalah pati ubi jalar putih dengan penambahan minyak atsiri kayu manis sebagai antimikrobia. Tujuan pemberian coating dengan penambahan minyak atsri kayu manis pada buah tomat ialah mengetahui pengaruh pemberian edible coating minyak atsiri kayu manis terhadap masa simpan buah tomat dan mengetahui kombinasi optimal dari kombinasi pati ubi jalar putih, CMC, dan minyak atsiri kayu manis untuk edible coating sehingga mampu memperpanjang masa simpan buah tomat.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial). Konsentrasi pati ubi jalar putih yang digunakan sebanyak 3% (b/b). Variasi konsentrasi minyak atsiri yang digunakan adalah 1%, 1,5%, dan 2% (v/v) dan variasi lama penyimpanan yang digunakan adalah hari ke-0, 3, 6, dan 9. Secara umum pemberian edible coating dengan penambahan minyak atsiri dapat mengurangi susut bobot buah, mempertahankan warna pada buah, mempertahankan kadar air buah, dan mampu mereduksi angka lempeng total pada buah tomat. Perlakuan terbaik berdasarkan uji organoleptik yaitu tomat edible coating dengan konsentrasi minyak atsiri kayu manis 1,5 % (v/v).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16192

Actions (login required)

View Item View Item