Surjastuti, Caecilia Shinta Indra (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PANTI ASUHAN ANAK TELANTAR DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12924.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12924.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12924.pdf Download (978kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12924.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12924.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab V)
5TA12924.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA12924.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Anak merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai generasi penerus yang berharga, anak perlu dipacu dengan rangsangan-rangsangan psikososial dan pendidikan agar kelak anak tersebut menjadi manusia berkualitas dan mandiri. Fase perkembangan awal anak menjadi fase paling kritis dalam perkembangan hidupnya. Dasar ini cenderung akan bertahan dan mempengaruhi sikap dari perilaku anak sepanjang hidup dalam penyesuaian sosial dan pribadi anak. Namun pada jaman sekarang ini, masih banyak orang tua yang tidak sanggup secara fisik dan mental menjadi orang tua yang sempurna dengan memberikan pemeliharaan dan kasih sayang untuk anaknya karena tekanan ekonomi dan sosial yang sangat berat. Hal ini mengakibatkan anak menjadi terlantar karena tidak memiliki kesempatan untuk merasakan perhatian dan kasih sayang dalam sebuah keluarga. Panti Asuhan Anak Telantar merupakan suatu solusi yang potensial untuk dikembangkan beberapa tahun ke depan mengingat masih banyak anak-anak telantar yang tak tertampung dan terbina, karena sebagai suatu wadah atau rumah, panti asuhan anak telantar memiliki tugas khusus melayani pengasuhan bagi anak-anak usia pra-sekolah (0-5 tahun), anak-anak masa taman kanak-kanak (5-7 tahun), dan anak-anak masa sekolah (7-10 tahun) yang hidupnya telantar. Dengan konsep pendekatan perkembangan psikologis anak, Panti Asuhan Anak Telantar di Yogyakarta mempunyai ciri khas sebagai sebuah bangunan yang mewadahi anak-anak telantar dalam membimbing fase perkembangan diri anak secara psikologis, melalui penerapan desain interaktif pada tata ruang dan tampilan bangunan yang membantu anak-anak telantar mengembangkan kepribadian dan intelektualnya secara wajar dan optimal seperti anak-anak pada umumnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Panti asuhan, anak telantar, interaktif, tampilan bangunan, tata ruang, perkembangan psikologis anak. |
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 10:45 |
Last Modified: | 03 May 2013 10:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |