Yuda, Hunggul Kidung (2018) PENGARUH PERSEPSI KEADILAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP: PENGUJIAN URGENSI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
EM196330.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
EM196331.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
EM196332.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
EM196333.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB IV)
EM196334.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
|
Text (BAB V)
EM196335.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Persaingan bisnis yang ketat menuntut rumah sakit meningkatkan pelayanannya. Pelayanan yang baik diharapkan memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien di masa depan tergantung pada perasaan pasien pada apakah mereka merasa telah diperlakukan dengan adil atau tidak. Kepuasan pasca penanganan dapat ditentukan oleh tiga dimensi keadilan yang dirasakan pelanggan, yaitu keadilan prosedural, keadilan interaksional, dan keadilan distributif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah keadilan distributif mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap, untuk mengetahui apakah keadilan prosedural mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap, untuk mengetahui apakah keadilan interaksional mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap serta untuk mengetahui apakah urgensi memoderasi hubungan persepsi keadilan (disributif, prosedural, interaksional) dan kepuasan pasien rawat inap. Sampel penelitian ini sebanyak 200 orang yang pernah menjadi pasien rawat inap di beberapa rumah sakit di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Keadilan Distributif , Persepsi Keadilan Prosedural dan Persepsi Keadilan Interaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien. 2) bahwa moderasi dari Urgensi (Z) memperkuat pengaruh dari Persepsi Keadilan Distributif terhadap Y namun tidak signifikan. 3) bahwa moderasi dari Urgensi (Z) memperkuat pengaruh dari Persepsi Keadilan Prosedural terhadap Y, namun tidak signifikan. 4) bahwa moderasi dari Urgensi (Z) memperkuat pengaruh dari Persepsi Keadilan Interaksional terhadap Y secara signifikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Persepsi Keadilan Distributif, Persepsi Keadilan Prosedural, Persepsi Keadilan Interaksional |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 02:53 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 02:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16300 |
Actions (login required)
View Item |