PENGGUNAAN MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK PERBAIKAN DISPLAY BARANG PADA TOKO X

REYNALDO, YEREMIA DAVID (2018) PENGGUNAAN MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK PERBAIKAN DISPLAY BARANG PADA TOKO X. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TI076310.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TI076311.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TI076312.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TI076313.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (BAB IV)
TI076314.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TI076315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TI076316.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Ritel merupakan salah satu usaha yang sedang berkembang saat ini. Usaha ritel dapat ditemui di berbagai tempat dari kota besar hingga pelosok desa. Ritel dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu ritel tradisional dan modern, yang berbeda dari segi pembayaran, penyimpanan data, penataan display dan banyak faktor lainnya. Peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai ritel modern yang ada di Indonesia. Penelitian dilakukan di Toko X yang merupakan salah satu ritel modern terbesar di kota Kudus. Toko ini menjual sembako dan beberapa makanan ringan siap konsumsi. Toko ini melayani baik konsumen umum dan konsumen grosir. Menurut pemilik toko dan pegawai toko permasalahan pada toko ini adalah penataan display yang masih bersifat acak sehingga konsumen kesusahan dalam mencari barang yang saling terkait. Pemilik toko ingin meningkatkan omzet penjualan, salah satunya dengan mengetahui cara penataan display yang sering menjadi kendala bagi konsumen saat berbelanja produk-produk yang saling berkaitan. Peneliti melakukan data mining, yaitu penggalian data yang sangat besar untuk mendapatkan informasi, terhadap data transaksi penjualan Toko X di tiga bulan terakhir tahun 2016. Kemudian peneliti melakukan Market Basket Analysis untuk melihat hubungan antar item yang diletakkan konsumen dalam satu keranjang belanja. Metode yang digunakan adalah Association Rule dengan algoritma Apriori menggunakan bantuan software Excell dan Tanagra. Setelah ditemukan produk apa saja yang saling terkait, peneliti memberikan usulan perbaikan display, yaitu dengan mendekatkan produk-produk yang berkaitan. Kemudian peneliti melakukan penerapan untuk melihat apakah usulan yang diberikan berpengaruh terhadap omzet penjualan Toko X. Setelah dilakukan penerapan selama sebulan, ternyata usulan yang diberikan mampu meningkatkan omzet penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Retail, Display, Data mining, Market Basket Analyasis, Association Rule, Apriori
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:51
Last Modified: 14 Feb 2019 02:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16617

Actions (login required)

View Item View Item