ANALISIS ISI PESAN NONVERBAL AGUS HARIMURTI YUDHOYONO, BASUKI TJAHAJA PURNAMA, DAN ANIES RASYID BASWEDAN DALAM DEBAT PERTAMA KPUD DKI JAKARTA 2017

WUJON, ALFREDO ANGELUS (2018) ANALISIS ISI PESAN NONVERBAL AGUS HARIMURTI YUDHOYONO, BASUKI TJAHAJA PURNAMA, DAN ANIES RASYID BASWEDAN DALAM DEBAT PERTAMA KPUD DKI JAKARTA 2017. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (ALFREDO ANGELUS WUJON)
KOM04731.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tahun 2017 merupakan tahun diselenggarakannya Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk provinsi DKI Jakarta. Namun, terdapat hal yang istimewa yakni Pilkada DKI Jakarta mampu menarik perhatian seluruh masyarakat di Indonesia. Perhelatan debat politik merupakan ajang yang sangat ditunggu dimana para calon gubernur menyampaikan visi dan misi, saling berebut perhatian publik untuk memilihnya kelak. Dalam melakukan komunikasi publik di acara debat tersebut masingmasing kandidat pasangan calon menggunakan pesan nonverbal beriringan dengan pidato verbalnya dan memiliki kemungkinan bahwa pesan-pesan nonverbal tersebut justru lebih kuat dibandingkan dengan pesan-pesan verbal yang disampaikan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Data yang digunakan diunggah dari youtube dan kemudian ditentukan unit analisisnya. Setelah itu dilakukan proses coding oleh coder 1 dan coder 2, lalu untuk menguji validitasnya digunakan formula Hosti. Berdasarkan hasil analisis ditemukan dalam video tayangan debat Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 ditemukan beberapa bentuk pesan nonverbal yang dilakukan dengan intensitas sering atau secara berulang ulang dengan frekuensi penggunaan pesan nonverbal yang tinggi oleh masing-masing kanidat Calon Gubernur DKI Jakarta yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Selain itu terdapat perbedaan kecenderungan dan fungsi pesan nonverbal yang digunakan oleh ketiga pasang Calon Gubernur DKI Jakarta dalam video debat resmi pertama yang diselenggarakan oleh KPUD DKI Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Publik, Debat Politik, Pesan Nonverbal, Analisis Isi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:19
Last Modified: 22 Feb 2019 02:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16959

Actions (login required)

View Item View Item